Survei Pilpres ASI: Anies, RK, Ganjar Unggul dalam Integritas

CNN Indonesia | Rabu, 14/07/2021 17:09 WIB
Berdasarkan survei dari ASI, tiga kepala daerah yakni Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar menjadi sosok yang secara persepsi partisipan unggul untuk Pilpres. Trio kepala daerah di Jawa yang kerap dikaitkan dengan Pilpres 2024 (kiri ke kanan): Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Arus Survei Indonesia (ASI) untuk Pilpres 2024 mendapati bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil), dan Gubernur Jawa Tengah dinilai unggul dalam sembilan kategori yang salah satunya karakter dan integritas.

Contohnya, Anies dinilai sebagai bakal calon presiden 2024 yang dianggap paling memiliki karakter dan integritas. Sedangkan, Ganjar dinilai bakal capres 2024 yang paling memiliki skill alias kemampuan mengelola birokrasi.

Hasil tersebut diperoleh Arus Survei Indonesia dari survei yang dilakukan dengan melibatkan 130 pakar atau pembentuk opini publik terhadap 23 figur bakal capres dari delapan klaster berbeda. Pakar atau pembentuk opini publik berasal dari akademisi, jurnalis, pengamat, partai politik, organisasi kemasyarakatan, pengusaha, aktivis mahasiswa, budayawan, kalangan profesional, serta praktisi pemerintahan.


Dalam survei ini, Arus Survei Indonesia menggunakan metode uji kelayakan figur melalui tiga tingkatan yaitu meta-analisis, focus group discussion, dan penilaian terhadap figur terseleksi.

Pengambilan sampel para pakar dan pembentuk opini publik dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Seluruh kegiatan riset dilakukan pada 2 hingga 10 Juli 2021.

Sembilan Kategori

Direktur Eksekutif ASI Ali Rif'an menjelaskan sembilan karakter yang menjadi pertanyaan pihaknya kepada para partisipan survei. 

Dari sembilan kategori tersebut, Ali berkata, Anies merupakan bakal capres dengan nilai tertinggi. Kemudian, di peringkat dua ditempati oleh Emil, dan Ganjar di posisi tiga.

Lalu, menurutnya, di peringkat empat terdapat nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan di peringkat lima terdapat nama Menko Polhukam Mahfud MD. Sementara itu, nama Menhan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi delapan.

"Total nilai sembilan aspek, nama Anies Anies 75,44, Emil 74,93, dan Ganjar 74,8," ujar Ali dalam paparan hasil survei lembaganya yang berlangsung secara daring pada Selasa (13/2).

Untuk kategori karakter dan integritas, Anies mendapatkan nilai tertinggi yakni sebesar 8,5. Pada peringkat dua dan tiga menyusul Emil dan Ganjar dengan nilai yang sama yaitu 8,45.

"Anies Baswedan 8,5, Ridwan Kamil 8,45, dan Ganjar Pranowo 8,45," kata Ali.

Kemudian, Anies juga unggul sebagai bakal capres di kategori visi dan intelektualitas. Anies mendapatkan nilai 8,64. Di bawah Anies menyusul Emil dengan nilai 8,28 dan Ganjar dengan nilai 8,22.

Pun begitu di kategori kemampuan komunikasi, Anies unggul dengan nilai 8,93 diikuti Ganjar dengan nilai 8,79, dan Emil 8,76.

Anies juga menjadi bakal capres yang dinilai terbaik di kategori kemampuan memenuhi janji serta kemampuan kerja sama dengan DPR. Di kemampuan memenuhi janji, Anies mendapatkan nilai 7,76, disusul Emil 7,75, dan Ganjar 7,72.

Sedangkan di kategori kemampuan kerja sama dengan DPR, Anies mendapatkan nilai 8,42, diikuti Ganjar 8,33, dan Emil, 8,25.

Sementara itu, Ganjar unggul sebagai bakal capres di kategori kemampuan mengambil keputusan yang tepat dengan nilai 8,36, diikuti Emil dengan nilai 8,31, serta Anies 8,26.

Ganjar juga unggul di kategori kemampuan mengelola birokrasi dengan nilai 8,52. Di bawah Ganjar, terdapat Anies dengan nilai 8,38 dan Emil 8,35.

Sedangkan Emil, unggul sebagai bakal capres di kategori track record atau rekam jejak dengan nilai 8,55 disusul Anies dengan nilai 8,39, serta Ganjar dengan nilai 8,26.

Emil pun unggul di kategori kemampuan mengelola krisis dengan nilai 8,23, diikuti Anies di peringkat dua dengan nilai 8,16, dan Ganjar di peringkat tiga dengan nilai 8,15.

(mts/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK