Kantor BPOM Kebakaran, Petugas Larang Wartawan Liput

yla, CNN Indonesia | Senin, 19/07/2021 09:20 WIB
Satpam di Kantor BPOM melarang wartawan memasuki area kantor untuk meliput suasana usai kebakaran. Larangan itu berdasarkan perintah atasan. Suasana Kantor BPOM di bilangan Jakarta Pusat, setelah insiden kebakaran pada Minggu (18/7) malam. (CNN Indonesia/ Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di bilangan Jakarta Pusat tetap beroperasi setelah kebakaran pada Minggu (18/7) malam berhasil dipadamkan. Namun, satpam melarang wartawan masuk ke kawasan kantor BPOM.

Pantauan CNNIndonesia.com, Senin (19/7) pukul 8.15 WIB, pagar BPOM ditutup hampir seluruhnya. Ada sekitar lima satpam berseragam cokelat yang berjaga.

"Ada surat tugas?" tanya salah satu petugas kepada wartawan.


"Kalau tidak ada tidak boleh masuk," imbuhnya.

Petugas itu tidak menjelaskan secara rinci alasan mengapa wartawan tidak boleh masuk dan meliput.

"Tidak tau ya dari sananya begitu. Dari atasan begitu," ucapnya.

Wartawan pun hanya bisa melihat kantor BPOM dari luar. Bagian kantor yang terbakar tidak terlihat sama sekali.

Petugas itu juga enggan menjelaskan kondisi kantor yang terbakar semalam. Ia hanya mengatakan api sudah berhasil dipadamkan.

Dari pukul 08.15 sampai 08.34 sekitar lima mobil dan beberapa kendaraan motor masuk ke kawasan BPOM. Beberapa orang memakai baju bertulisan BPOM juga terlihat hilir mudik.

Kebakaran terjadi di kantor yang berlokasi di Jalan Percetakan Negara Raya Nomor 29, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Minggu sekitar pukul 21.30 WIB.

Bagian kantor yang terbakar ada di lantai dasar dengan luas area yang terbakar sekitar 200 meter persegi.

Kebakaran diketahui pertama kali oleh warga yang kemudian melapor kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) sektor Johan Baru, Jakarta Pusat.

Petugas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta tiba di lokasi pada pukul 21.35 WIB dengan mengerahkan sebanyak 17 mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 75 personel untuk memadamkan api.

BPOM menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kebakaran ini kepada polisi.

"Penyebab kebakaran masih dalam pendalaman penyelidikan oleh pihak Kepolisian Sektor Johar Baru," demikian keterangan resmi BPOM.

(wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK