Pria Bercadar Positif Covid Kecoh Petugas Akan Diproses Hukum

CNN Indonesia | Senin, 19/07/2021 10:25 WIB
Polda Maluku Utara memproses hukum pria positif covid yang mengecoh petugas bandara dengan menggunakan cadar dan hasil PCR istrinya. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi akan memproses hukum seorang penumpang maskapai Citilink berinisial DW yang melakukan perjalanan Jakarta-Ternate, Maluku Utara menggunakan dokumen hasil tes usap PCR milik istrinya.

DW berhasil mengecoh petugas Bandara Halim Perdana Kusuma dalam pemeriksaan dokumen sebelum terbang. Dia menggunakan identitas dan dokumen PCR istrinya.

Aksi DW itu baru terbongkar ketika mendarat di Bandara Sultan Baabullah Ternate, ternyata DW terkonfirmasi positif Covid-19.


"Sudah ditindaklanjuti oleh Polres Ternate. Melakukan penyelidikan terhadap perkara tersebut," kata Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Adip Rojikan saat dikonfirmasi, Rabu (23/6).

Rojikan belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai perkembangan proses hukum tersebut sejauh ini.

Dia menjelaskan bahwa kepolisian baru akan melakukan pemeriksaan terhadap DW usai isolasi mandiri (Isoman) Covid-19 rampung dilakukan.

"Terduga masih melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan oleh Satgas. Nanti dilakukan pemeriksaan setelah itu," tambah dia.

Menurut Kepala Operasional Satgas Covid-19 Ternate Muhammad Arif Gani, DW menggunakan data diri dan hasil tes swab istrinya saat pemeriksaan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Dia mengelabui petugas pemeriksaan dengan mengenakan pakaian cadar. Namun, saat tiba di Ternate seorang pramugari melihatnya membuka cadar dan mengganti pakaian di dalam toilet pesawat.

Hal itu yang kemudian membuat petugas Bandara mengamankan DW. Saat dilakukan pemeriksaan, ternyata hasil tes usap antigen DW positif Covid-19.

"Setelah hasil positif Covid-19, pihak bandara langsung menghubungi tim Satgas Covid-19 Kota Ternate untuk melakukan evakuasi dengan memakai pakaian alat pelindung diri (APD)," jelasnya.

(mjo/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK