Ada 165 Kasus Aktif, Sidang Tahunan MPR Digelar Minimalis

CNN Indonesia
Rabu, 21 Jul 2021 21:06 WIB
Sekjen DPR menyebut pelaksanaan sidang tahunan MPR digelar minimalis dan sederhana dengan anggota mengikuti secara virtual. Sidang tahunan MPR pada tahun ini akan digelar minimalis. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menyampaikan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR, Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, serta Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021 akan berlangsung sederhana.

Menurutnya, kemungkinan acara tahunan tersebut hanya dihadiri oleh pimpinan MPR, DPR, dan DPD karena situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Sementara, anggota DPR diperkirakan akan menghadiri kegiatan tersebut secara virtual atau dalam jaringan (daring).

"Sidang Tahunan ini akan sangat minimalis dan sederhana seperti tata cara pelaksanaannya," kata Indra kepada wartawan, Rabu (21/7).


Namun ia menyatakan keputusan terkait hal teknis penyelenggaraan kegiatan tersebut baru akan diputuskan dalam satu atau dua hari mendatang.

Indra juga meminta wartawan meliput rangkaian acara tersebut melalui siaran langsung yang telah disediakan di media sosial.

Pihaknya juga akan membatasi jumlah wartawan foto hadir di ruang sidang. Menurut Indra, hal ini dilakukan untuk membatasi kehadiran orang dalam ruangan.

"Fotografer yang akan kami tunjuk karena di dalam tidak boleh ada lalu lalang dan pergerakan. Nanti bukan hanya TV pool namun untuk fotografer dari DPR yang akan membagikan kepada semua media," jelasnya.

Terkait data kasus Covid-19 di lingkungan DPR, Indra membeberkan bahwa sebanyak 511 orang dari berbagai profesi terdata positif terinfeksi.

Menurutnya, sebanyak lima dari 511 orang tersebut merupakan anggota DPR yang masih belum dinyatakan sembuh dari Covid-19 saat ini.

"Terakhir, anggota [DPR] ada 29 [orang], yang sudah negatif 24, yang masih lima ya per kemarin. Semuanya jumlahnya sih 511 [orang], yang sudah negatif 346, yang masih positif 165," ujar Indra.

Untuk diketahui Sidang Tahunan MPR, Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, serta Sidang Bersama DPR dan DPD biasanya diselenggarakan mendekati 17 Agustus setiap tahunnya.

Namun, belum diketahui secara pasti ihwal penyelenggaraan kegiatan tersebut pada tahun ini.

(mts/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER