Pandawa dan Mobile JKN, Solusi Layanan Administrasi JKN-KIS

BPJS Kesehatan, CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 19:28 WIB
BPJS Kesehatan menghadirkan Pandawa dan Mobile JKN, opsi pelayanan tanpa tatap muka guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses kesehatan pada masa pandemi. BPJS Kesehatan menghadirkan Pandawa dan Mobile JKN, opsi pelayanan tanpa tatap muka guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses kesehatan pada masa pandemi. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)
Jakarta, CNN Indonesia --

BPJS Kesehatan menghadirkan opsi pelayanan tanpa tatap muka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Kini, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap dapat memperoleh layanan administrasi lewat kanal Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa) dan aplikasi Mobile JKN.

Jeksi Ullal yang merupakan peserta JKN-KIS dari segmen PPU (Pekerja Penerima Upah) menyebut telah memanfaatkan layanan tersebut. Bagi dia, Pandawa begitu memudahkan. Terlebih, domisili Jeksi cukup jauh dari kantor BPJS Kesehatan.


"Kami tetap bisa akses pelayanan administrasi langsung dari rumah, contohnya saya kemarin melakukan penambahan anggota keluarga lewat Pandawa sehingga tidak perlu ke kantor, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, responnya cepat dan mudah dipahami," tutur Jeksi.

Jeksi juga mengapresiasi kehadiran Mobile JKN yang memiliki berbagai fitur, seperti mengubah faskes atau data, mengetahui informasi tagihan iuran, mengecek riwayat pembayaran, sampai pendaftaran pelayanan ke FKTP.

"Saya juga menggunakan aplikasi Mobile JKN, sangat memudahkan. Terdapat fitur ubah faskes dan ada kartu digital. Jadi kalau suatu saat kita lupa membawa kartu JKN ketika berobat, kita bisa langsung akses di aplikasi, sangat, sangat mempermudah," katanya.

Tak hanya layanan administrasi, Jeksi juga mengaku mendapatkan layanan yang baik di fasilitas kesehatan. Saat sang istri hamil anak kedua, Jeksi kerap menggunakan kartu JKN-KIS untuk rawat jalan atau ambil obat. Demikian pula ketika istrinya melahirkan beberapa bulan lalu, Jeksi tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Lebih lanjut, Jeksi berharap agar layanan BPJS Kesehatan terus ditingkatkan, diiringi berbagai inovasi.

"Pelayanan BPJS Kesehatan sudah sangat baik, tinggal bagaimana untuk mempertahankan bahkan meningkatkan agar kualitas pelayanannya menjadi semakin baik lagi," ujar Jeksi.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK