Satgas Sebut Donasi Kaos Bekas untuk Relawan Covid Hoaks

BNPB, CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 17:24 WIB
BNPB menegaskan berita yang meminta donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks atau berita palsu. BNPB menegaskan berita yang meminta donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks atau berita palsu. (Foto: Pixabay/acworks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menyatakan berita yang meminta donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks atau berita palsu.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berita hoaks dengan konten informasi serupa pernah tersebar di jejaring percakapan digital pada April 2020.

Abdul kemudian kembali masyarakat untuk bijak menerima berbagai informasi, terlebih yang beredar di percakapan grup, diketahui umumnya dapat memicu kepanikan dan ketidaknyamanan pada masyarakat.


"Pastikan kebenaran berita sebelum menyebarluaskan kembali melalui jejaring sosial atau pun media sosial, seperti melalui aplikasi WhatsApp," katanya.

Lebih lanjut dia menegaskan, pemerintah menyediakan kanal informasi Hoax Buster seputar Covid tautan https://covid19.go.id/p/hoax-buster.

"Masyarakat dapat mengecek beragam berita atau informasi pada tautan tersebut untuk memastikan kebenaran berita atau informasi," ujar Abdul.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK