Tak Ada Massa Datang, Demo 'Jokowi End Game' Isapan Jempol

CNN Indonesia
Sabtu, 24/07/2021 17:56
Polisi sudah bersiaga mengantisipasi demo 'Jokowi End Game' namun tak satupun massa datang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi 'Jokowi End Game' yang posternya sempat ramai beredar di media sosial ternyata hanya isapan jempol belaka. Hingga Sabtu (24/7) sore, tak kunjung terlihat massa yang akan menggelar aksi ini di sekitar kawasan Istana Kepresidenan.

Padahal disebutkan dalam poster di media sosial, demo akan digelar dari kawasan Glodok menuju kawasan sekitar Istana di Jalan Merdeka Utara.

Pantauan CNNIndonesia.com sejak pukul 08.30 hingga jelang pukul 18.00 WIB di beberapa ruas di sekitar Istana Negara, Jakarta tak terlihat satu pun masa aksi yang datang.


Di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat tak tampak massa aksi yang terlihat sejak pagi. Dua ruas jalan itu sempat ditutup sejak pagi oleh kepolisian untuk mengantisipasi massa.

Namun pada siang hari, Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto menyebut sejumlah orang diamankan polisi diduga terkait dengan rencana aksi. 

Namun di lapangan hingga sore, tak ada orang yang diamankan atau kerumunan orang. Terlihat hanya puluhan petugas berseragam kepolisian dan TNI yang berjaga di dua jalan protokol di sekitar Lapangan Monas. Beberapa kendaraan taktis juga sudah disiagakan mengantisipasi kehadiran massa.

Sekitar pukul 17.25 WIB, petugas kepolisian perlahan mulai membubarkan diri. Kendaraan taktis yang sudah diparkir sejak pagi juga sudah dipindahkan.

Dua ruas jalan protokol, Medan Merdeka Utara dan Medan Merdeka Barat yang sempat ditutup sudah dibuka dan dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat seperti biasa.

Pemandangan senada juga terlihat di simpang Harmoni, Jakarta Pusat. Massa aksi sama sekali tak hadir di sekitar ruas jalan tersebut sejak pagi.

Ruas Jalan Majapahit menuju ke arah Glodok yang sejak pagi ditutup oleh polisi kini kembali dibuka bagi kendaraan.

Puluhan aparat TNI/Polri dan kendaraan taktis yang sejak pagi telah bersiaga di sekitar ruas jalanan tersebut perlahan mulai membubarkan diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan tidak ada massa demonstran terkait dengan adanya seruan Jokowi End Game tersebut.

"Sampai saat ini belum ada aksi sama sekali," kata Yusri kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (24/7).

Yusri mengaku mendapatkan banyak kabar bohong atau hoaks terkait seruan demo 'Jokowi End Game'. Ia memastikan akan melacak pihak-pihak yang menyebarkan informasi tak benar tersebut.

"Jadi banyak berita hoaks [demo 'Jokowi End Game'] yang beredar. Tapi kami tetap antisipasi," kata Yusri.

(rzr/sur)


KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK