Polisi Pastikan Video Kerusuhan Aksi Demo Hari Ini Hoax

CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 21:01 WIB
Polisi memastikan kerusuhan dalam aksi demonstrasi yang beredar di media sosial hari ini Sabtu (24/7) dipastikan hoax. Ilustrasi aksi demonstrasi. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah video yang memperlihatkan kerusuhan dalam aksi demonstrasi beredar di media sosial dipastikan hoax. Dalam narasi video disampaikan bahwa demo itu digelar pada Sabtu (24/7) hari ini.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono memastikan bahwa video dan narasinya itu adalah hoax atau tidak benar.

"Itu video hoax. Faktanya adalah demonstrasi itu merupakan peristiwa lama saat demonstrasi tolak omnibus law ciptaker di Jakarta pada 8 Oktober 2020," kata Argo dalam keterangannya, Sabtu (24/7).


Kepada masyarakat, Argo mengimbau untuk tak mudah percaya dengan informasi yang yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Masyarakat jangan mudah termakan hoax. Saring before sharing," ujarnya.

Lebih lanjut, Argo menegaskan bahwa hingga saat ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) berjalan aman, damai dan kondusif.

Argo juga memastikan tidak ada aksi demontrasi yang digelar pada hari ini.

"Situasi aman dan kondusif. Tidak ada gangguan yang berarti," ucap Argo.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus juga memastikan bahwa tidak ada aksi 'Jokowi End Game' di wilayah Jakarta. Ia juga menyebut situasi ibu kota dalam keadaan kondusif.

Aparat diketahui sempat mengamankan enam orang karena tak bisa menjelaskan alasan kehadiran mereka di lokasi demo. Namun, mereka telah dipulangkan setelah diberikan edukasi.

"Ya pengangguran, bilangnya mau nonton saja tahu dari medsos, penasaran mau lihat. Kumpul-kumpul enggak jelas gitu, makanya kita tanyakan kita bawa dulu tadi," ucapnya, Sabtu (24/7).

(dis/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK