Pemerintah Ancam Tutup Pabrik Pelanggar PPKM Level 4

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 04:40 WIB
Pemerintah akan menindak tegas pelanggar ketentuan PPKM Level 4 yang baru saja diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang. Ilustrasi penindakan hukum terhadap pihak yang melanggar ketentuan PPKM Level 4 (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengancam akan menutup pabrik yang melanggar ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Luhut meminta seluruh masyarakat mematuhi aturan yang diberlakukan. Ia menyatakan pemerintah tak segan melakukan tindakan tegas kepada pelanggar aturan.

"Saya ulangi, pelanggaran terhadap aturan ini akan kami tindak dengan tegas, misalnya industri yang tidak memenuhi ketentuan kami akan peringatkan. Kalau tidak, kami akan beri sanksi mereka berhenti berproduksi," kata Luhut dalam jumpa pers daring di kanal Youtube Perekonomian RI, Minggu (25/7).


Luhut menyampaikan pemerintah akan mengedepankan tindakan persuasif dalam menerapkan PPKM Level 4. Ia menyampaikan pembatasan ini dari dan untuk bangsa Indonesia.

Ia mengingatkan pembatasan ini adalah kepentingan bersama. Luhut menyebut PPKM Level 4 hanya akan berhasil menekan laju Covid-19 jika seluruh elemen bangsa ikut serta.

"Penanganan varian delta bisa ditangani dengan baik dan ekonomi rakyat kecil bisa berjalan itu berpulang pada kita semua," ujarnya.

Pemerintah kembali menerapkan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus. Aturan ini akan berlaku pada 95 kabupaten/kota level 4 dan 33 kabupaten/kota level 3 di Jawa dan Bali.

(dhf/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK