PPKM Level 4 Padang: Nihil Penyekatan, Fokus di Dalam Kota

CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 00:15 WIB
Pemkot Padang mengatakan paradigma PPKM Level 4 saat ini telah berubah, petugas hanya mengingatkan situasi seberapa bahayanya Covid-19. Kota Padang di tengah pandemi covid. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Padang menjadi satu-satunya kota di Sumatera Barat yang memperpanjang PPKM Level 4. Pemkot Padang memastikan tidak ada penyekatan apapun yang dilakukan di ruas perbatasan. Pemerintah mengklaim fokus pengawasan dalam kota.

"Kita tidak lagi melakukan penyekatan di perbatasan kota seperti di perbatasan Padang-Solok, Padang-Padang-Pariaman dan Padang-Pesisir Selatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Barlius kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/7).

Barlius menjelaskan, petugas hanya melaksanakan pengawasan bagi pengendara yang keluar masuk kota Padang dengan peringatan untuk lebih berhati-hati masuk ke wilayah Padang.


"Tidak ada lagi penyekatan, paradigmanya berubah, petugas hanya mengingatkan situasi seberapa bahayanya Covid-19. Sekarang pengawasannya fokus pada tingkat kelurahan," kata dia.

Pengawasan yang berfokus pada tingkat kelurahan itu, katanya, akan dilakukan pada setiap titik keramaian di dalam kota, sehingga setiap orang yang masuk harus menunjukkan dokumen rapid antigen atau sertifikat vaksin.

"Setiap RT dan RW akan memantau jalannya pemeriksaan yang akan dibantu oleh satgas masing-masing kelurahan," jelas Barlius.

Meski tidak ada pembatasan untuk akses jalan, kegiatan lainnya tetap dilaksanakan pembatasan, seperti di restoran hanya boleh dengan kapasitas 25 persen, dengan jam operasional hingga pukul 21.00 WIB, dengan tetap mengutamakan sistem take away.

Selain itu, kegiatan kerja dari rumah tetap dilakukan sesuai ketentuan sesuai ketentuan kecuali sektor esensial dan kritikal. Kemudian bagi siswa akan tetap dilaksanakan sekolah secara daring.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan proses PPKM Level 4 ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang sebelumnya. Bahkan beberapa peraturan lebih dilonggarkan.

"Tidak ada yang berbeda dari PPKM ini, bahkan lebih relaksasi karena beberapa peraturan lebih dilonggarkan," sebut Audy.

Untuk di perbatasan kota, kata Audy sudah tidak ada lagi penyekatan, namun namanya berubah menjadi pengawasan. Sehingga kendaraan dengan plat polisi yang bukan dari Sumbar tetap akan dicegat untuk diperiksa kelengkapan berkas perjalanannya.

"PPKM kali ini sudah lebih direlaksasi," tutup Audy.

(nya/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK