Fenomena Suara Gemuruh di Bandung, BMKG Tak Deteksi Petir

CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 17:02 WIB
BMKG masih menyelidiki asal suara gemuruh yang menjadi perbincangan warga Bandung yang sejauh ini tak terkait dengan fenomena alam. Ilustrasi Kota Bandung. (iStock/CreativaImages)
Bandung, CNN Indonesia --

Fenomena suara gemuruh yang terdengar oleh warga Kota Bandung, Jawa Barat, disebut tak terkait fenomena alam seperti petir.

Suara gemuruh tersebut seperti dibagikan akun Instagram @infobandungkota, terdengar pada Senin (26/7) malam sekitar pukul 23.13 WIB dari wilayah Cibogo, Sarijadi, Bandung.

Sekilas suara tersebut mirip dengan suara deru mesin pesawat. Dari video berdurasi 20 detik yang diunggah akun Instagram, sejumlah warganet pun turut mendengar suara tersebut.


"Pesawat dari [Bandara] Husein soalnya saya juga denger dari rumah saya wkwkw," tulis akun @trulywiseman dalam kolom komentar.

"Kalo rumahnya yang deket bandara pasti udah ga asing sm suara gini. Eta mah pesawat lagi buang bahan bakar," komentar akun kikiaulia_miranti.

BMKG menyatakan tak ada fenomena alam saat terjadi suara gemuruh yang diperbincangkan warga.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, bahwa sekitar pukul 23.13 WIB tak ada aktivitas gempa bumi di Kota Bandung berdasarkan rekaman seismograf. Pihaknya pun tak melacak suara petir pada waktu tersebut. 

"Berdasarkan monitoring Lightning Detector sekitar pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir," kata Rahayu, Selasa (27/7).

Rahayu pun menyebutkan dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi dan sekitarnya pukul 23.13 WIB sampai pagi tadi tidak ada gangguan yang signifikan. Selain itu, kata dia, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BPBD Jabar, tak ada masyarakat yang terdampak dari adanya suara gemuruh tersebut.

"Maka dari itu, belum dapat dipastikan asal muasal suara gemuruh tersebut," ucap Rahayu.

Fenomena suara gemuruh di Kota Bandung pernah didengarkan oleh sejumlah warga pada Kamis (11/2) lalu. Audy Erlanda (36), warga yang merekam suasana gemuruh tersebut menduga sumber suara dari Bandara Husein Sastranegara ketika ada ground maintenance atau engine testing.

(hyg/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK