Gedung Ditjen KI Tangerang Jadi Lokasi Isolasi Warga Covid-19

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 04:00 WIB
Menkumham Yasonna Loaly mengatakan selain menyiapkan lokasi isolasi untuk warga positif Covid-19, pihaknya juga menyiapkan 46.614 paket bansos untuk warga. Menkumham Yasonna H. Laoly mengatakan bakal mengubah Gedung Ditjen Kekayaan Intelektual, di Tangerang, menjadi lokasi isolasi mandiri warga terpapar Covid-19. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan pihaknya berencana mengalihfungsikan Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI) di Tangerang, Banten, menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) masyarakat terpapar Covid-19.

"Kemenkumham akan memberikan sedikit, berbagi kepada masyarakat dengan menyiapkan tempat isoman yang sekarang dalam proses kesiapan," kata Yasonna sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (29/7).

Yasonna mengaku telah meminta Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto dan Dirjen KI, Freddy Harris agar fasilitas isoman disiapkan dengan baik, mulai dari obat-obatan, perawat, hingga dokter.


Selain itu, ia meminta agar jajarannya juga berkomunikasi dengan masyarakat setempat guna meminta pertimbangan sosial.

"Tentu ini dilakukan dengan komunikasi dengan Satgas Covid-19 dan pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Selain menyiapkan tempat isoman, Yasonna mengatakan pihaknya turut memberikan bantuan sosial sebanyak 46.614 paket. Paket tersebut antara lain berisi beras, gula, minyak goreng, mi instan, sarden, hingga susu.

Sebanyak 43.558 paket bansos diberikan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sementara, 3.056 paket lainnya diberikan kepada keluarga ASN Kemenkumham yang terinfeksi Covid-19.

"Bantuan ini tidak hanya untuk masyarakat di wilayah perkotaan, tetapi juga bagi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan negara Republik Indonesia dengan negara lain," ujarnya.

Yasonna juga menyebut sebagai dukungan terhadap penanggulangan Covid-19, sepanjang tahun 2021 Kemenkumham telah mengalihkan anggaran sebanyak Rp1.194.966.249.000.

Ia pun meminta masyarakat mendukung penuh pelaksanaan PPKM Level 4. Menurutnya, pemerintah tidak bermaksud untuk mengekang masyarakat dengan penerapan PPKM Level 4.

"Kendati memang berdampak pada kegiatan ekonomi-sosial dan ketidakmampuan masyarakat dalam mencari nafkah sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari," uajrnya.

(iam/hen/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK