Ganip Dorong Posko PPKM Mikro Jadi Ujung Tombak saat Pandemi

BNPB, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 09:00 WIB
Menurut Ganip Warsito, Posko PPKM Mikro di daerah adalah ujung tombak pengendalian Covid-19, dengan tugas dan fungsi yang langsung menyentuh masyarakat. Menurut Kepala Satgas Covid-19 Ganip Warsito, Posko PPKM Mikro di daerah adalah ujung tombak pengendalian Covid-19, dengan tugas dan fungsi yang langsung menyentuh masyarakat. (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meninjau pelaksanaan tugas Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Rabu (28/7).

Saat memberikan arahan, Ganip menjelaskan bahwa Posko PPKM Mikro di daerah adalah garda terdepan sekaligus ujung tombak pengendalian Covid-19. Pasalnya, implementasi tugas dan fungsi posko sepenuhnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.


Untuk itu, Ganip mengingatkan bahwa Posko PPKM Mikro harus menjalankan tugas dan fungsi yang sesuai, salah satunya adalah pencegahan. Pada fungsi ini, seluruh komponen Posko PPKM Mikro diharapkan dapat memberi sosialisasi dan edukasi #ingatpesanibu untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten.

"Bagaimana supaya kita terhindar dari paparan virus ini, maka ini menjadi tugas dari posko PPKM di desa/kelurahan. Karena di situ ada fungsi pencegahan. Fungsi itu untuk mengedukasi, memberi sosialisasi, memberitahu, memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan," tutur Ganip.

Di masa pandemi, penggunaan masker adalah kewajiban seluruh masyarakat. Menyatakan memahami bahwa memberi edukasi itu tak mudah, Ganip tetap menyulut optimisme bagi komponen Posko PPKM Mikro. Terlebih, penerapan prokes juga merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.

Tugas dan fungsi kedua Posko PPKM Mikro, adalah pembinaan. Ganip meminta pembinaan diberikan kepada warga yang belum melaksanakan prokes yang sesuai. Dia menegaskan, pembinaan dilakukan dengan cara-cara manusiawi, sehingga ajakan disiplin dalam prokes dapat diterima dengan baik dan diikuti.

Ketiga, Posko PPKM Mikro diharapkan mendorong pelaksanaan 3T atau tracing, tracking, and treatment bagi masyarakat yang mengalami kontak erat dengan pasien Covid-19. Melalui 3T, penanganan masyarakat yang terpapar dapat dioptimalkan, seiring upaya mengontrol penyebaran virus dari penelusuran kontak erat.

Terakhir, Posko PPKM Mikro juga harus mampu mendorong masyarakat mengikuti vaksinasi agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai. Melalui vaksinasi, seseorang akan memiliki perlindungan dan pertahanan diri yang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak divaksin.

"Tugas PPKM Mikro nanti harus bisa memberikan dorongan kepada masyarakat melaksanakan vaksinasi," ujar Ganip.

Pada kesempatan tersebut, Ganip juga menyerahkan dukungan untuk optimalisasi Posko PPKM Mikro di Desa Kemudo berupa 4 ribu masker, seribu sabun cuci tangan, dan 10 ribu butir vitamin. Bantuan akan diberikan kepada kelompok rentan dan belum sakit, agar imunitas lebih terjaga dan terlindungi.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK