DKI Sebut Syarat Vaksin untuk Restoran-Salon Bukan Hal Sulit

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 08:02 WIB
Pemprov DKI Jakarta mengingatkan para pelaku untuk benar-benar menerapkan syarat sertifikat vaksin Covid bagi karyawan maupun pengunjung. Pemprov DKI Jakarta menyebut syarat vaksin Covid-19 bagi pengunjung restoran hingga salon tak sulit diterapkan. Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengatakan syarat vaksinasi Covid-19 bagi pengunjung maupun pelaku usaha pariwisata yang diizinkan beroperasi pada penerapan PPKM Level 4 bukan hal yang susah untuk diterapkan.

DKI mengizinkan restoran, rumah makan, cafe untuk dine in dan salon atau barbershop beroperasi, dengan syarat khusus yakni sertifikat vaksin bagi karyawan maupun calon pengunjung.

Sertifikat vaksin Covid-19 juga diharuskan pada aktivitas akad nikah, pemberkatan, atau upacara pernikahan.


"Saat ini ada aplikasi JAKI maupun PeduliLindungi yang memudahkan pelaku usaha dan masyarakat untuk mengetahui sudah atau belum memiliki sertifikat vaksin, sehingga menurut kami bukan hal yang susah untuk diterapkan," kata Gumilar dalam keterangannya, Kamis (29/7).

Gumilar mengingatkan para pelaku usaha untuk benar-benar menerapkan persyaratan tersebut. Ia berharap syarat vaksinasi Covid-19 ini mampu mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksin bagi masyarakat.

"Secara tidak langsung masyarakat akan merasakan keterbatasan beraktivitas jika belum melaksanakan vaksinasi tersebut, hal tersebut nantinya akan dapat dijadikan tolak ukur untuk jenis-jenis usaha pariwisata yang lain," ujarnya.

Gumilar mengatakan pengawasan dan pengendalian terhadap penerapan aturan itu akan dilakukan oleh Satpol PP, TNI dan Polri, Satgas Covid 19, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Di samping itu, ia meminta masyarakat untuk berperan aktif melaporkan jika melihat pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada usaha pariwisata melalui Kanal JAKI.

"Sinergi yang baik, kolaborasi semua unsur yang terkait, tanggung jawab dan kesadaran bersama baik pelaku usaha dan pengunjung, serta disiplin masyarakat Jakarta yang terlibat dalam kegiatan pariwisata diharapkan mampu menekan angka penyebaran Covid 19 di sektor pariwisata," katanya.

Infografis Daftar Aktivitas Wajib Bawa Sertifikat Vaksin Covid-19Infografis Daftar Aktivitas Wajib Bawa Sertifikat Vaksin Covid-19. Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
(yoa/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK