Perpres Kemendikbudristek, Nadiem Dapat Tambahan 5 Staf Ahli

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 15:07 WIB
Perpres Jokowi mengatur penambahan lima staf ahli bagi Mendikbudristek Nadiem Makarim. Salah satunya Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta. Perpres baru mengatur penambahan lima staf ahli bagi Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim akan mendapatkan tambahan lima orang staf ahli, dari yang sebelumnya hanya satu.

Penambahan staf ahli itu usai Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Lima orang staf ahli itu diatur dalam pasal 6 poin j-n dalam Perpres tersebut. Mereka di antaranya yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Staf Ahli Bidang Inovasi, Staf Ahli Bidang Regulasi, Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta, dan Staf Ahli Bidang Warisan Budaya.


Pada aturan sebelumnya atau Perpres 82 tahun 2019 tentang Kemendikbud, Mendikbud hanya memiliki satu staf ahli yakni Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada Pasal 34 Perpres 62 Tahun 2021 disebutkan bahwa Staf Ahli berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri dan secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal.

Sementara pada Pasal 35, mengatur soal tugas tiap-tiap staf ahli untuk memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada Menteri di bidangnya masing-masing.

Tak hanya itu, Perpres 62 Tahun 2021 juga menambah dia badan baru di bawah Kemendikbud.Mereka di antaranya Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan serta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kedua badan baru tersebut akan dipimpin oleh seorang Kepala Badan.

Pasal 29 mengatur mengenai tugas Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan yakni menyelenggarakan penyusunan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan serta pengelolaan sistem perbukuan.

Sementara itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mempunyai tugas untuk melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra.

(rzr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK