583 Pasien Covid-19 Ditampung di Tempat Isolasi Pemprov DKI

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 21:01 WIB
Salah satu tempat isolasi yang disediakan Pemprov DKI Jakarta yaitu Rusun Nagrak, Cilincing, yang menampung 115 pasien Covid-19. Petugas BPBD DKI Jakarta melintas di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (15/6/2021). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 583 pasien Covid-19 menjalani isolasi di sejumlah tempat yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Angka itu merupakan data terbaru hingga Jumat (30/7).

Berdasarkan data yang diterima, di Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, terdapat 115 pasien isolasi yang terdiri dari 76 laki-laki dan 39 perempuan. Jumlah ini berkurang sebanyak 57 orang dibandingkan dengan Kamis (29/7).

Rusun ini mulai beroperasi sejak Juni lalu. Jika ditotal, setidaknya ada 9.120 pasien terdaftar yang pernah menjalani isolasi di Rusun Nagrak.


Di Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan, hingga hari ini ada 426 orang yang menjalani isolasi. Bertambah 61 orang dari hari sebelumnya. Sejak beroperasi, setidaknya ada 497 pasien yang pernah menjalani isolasi di rusun ini.

Di tempat lainnya, yakni Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan, hingga hari ini ada empat orang yang menjalani isolasi. Sementara di Graha Taman Mini ada 38 orang.

Menurut Kepala UP Anjungan dan Graha Wisata, Yayang Kustiawan, beberapa waktu belakangan, terjadi penurunan pasien yang menjalani isolasi di dua fasilitas itu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya menetapkan 184 lokasi isolasi terkendali dalam rangka penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

184 lokasi tersebut terdiri dari rumah susun, GOR, gedung karang taruna, sekolah, hingga rumah dinas pejabat setingkat lurah. Adapun untuk kapasitas total yakni 26.134 orang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan dari ratusan lokasi yang disediakan itu, masih banyak tempat yang kosong.

Ia mengatakan banyak warga yang memilih untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing ketimbang di lokasi yang telah disediakan.

"Tentu kami mendorong agar mereka kalau mau lebih aman, apalagi rumah tidak memenuhi standar tidak diperbolehkan. Bagi yang rumahnya tidak memenuhi standar, kami minta pindah ke tempat isoman yanag disediakan," kata Riza pada Kamis (29/7).

Infografis Panduan Aaman Saat IsomanInfografis Panduan Aaman Saat Isoman. (CNN Indonesia/Fajrian)
(yoa/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK