Rumah Digital Indonesia, Arena Virtual Rayakan HUT RI ke-76

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 17:57 WIB
Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara virtual. Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara virtual. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 untuk tahun ini memang berbeda dari sebelumnya karena harus menyesuaikan situasi pandemi.

Tahun ini, Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Rumah Digital Indonesia merupakan wadah virtual untuk merayakan bulan kemerdekaan di masa pandemi.

Sebagai festival perayaan kemerdekaan virtual pertama di Indonesia, Rumah Digital Indonesia akan menghadirkan dua acara utama, yakni Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan.


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan Rumah Digital Indonesia.

"Rumah Digital Indonesia ini sebuah gagasan cerdas dan luar biasa karena menjadi bagian penting dalam bulan kemerdekaan. Ini sebagai wujud dari ketangguhan kita sebagai bangsa dan negara serta wujud kecepatan kita beradaptasi dari keterbatasan akibat pandemi Covid-19," ujar Johnny yang juga Dewan Pengarah RDI, dalam webinar Launching Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, Jumat (30/7).

Johnny menambahkan bahwa Rumah Digital Indonesia menjadi ruang kegembiraan bagi masyarakat untuk menyambut kemerdekaan.

"Keterbatasan yang diakibatkan pandemi ini tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam menghayati nilai-nilai nasionalisme, patriotisme. Dan secara khusus kegiatan ini menyediakan ruang untuk menciptakan kegembiraan bagi masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan ke-76," ujarnya. 

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI sekaligus Pengembang Konten RDI Putri Tanjung menyampaikan bahwa ada banyak hal menarik dari Rumah Digital yang diselenggarakan Ini.

"Kita tahu walau tahun ini berbeda karena pandemi, tapi spirit kemerdekaan itu harus tetap ada. Dengan bantuan teknologi kita mewadahi semarak kemerdekaan dengan cara dan pengalaman berbeda," ujar Putri.

Lebih lanjut Putri menjelaskan bahwa di Rumah Digital Indonesia memberikan banyak ruang eksplorasi yang bisa dilakukan masyarakat untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia tahun ini.

"Ada ruang seni budaya, pasar lokal, petualangan nusantara, aktifitas kemerdekaan, literasi digital, dinding puisi hingga panggung nasional," imbuhnya.

Tak hanya menikmati berbagai ruang kegiatan tersedia, masyarakat dapat membeli produk UMKM yang terhubung ke sejumlah marketplace.

Senada dengan itu, Putri menyampaikan bahwa Rumah Digital Indonesia bisa diakses pada awal bulan depan.

"Rumah Digital Indonesia ini bisa diakses 1 Agustus 2021 dan hadir selama bulan kemerdekaan," ujar Putri.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK