Mengenal 7 Ruang Rumah Digital Indonesia Rayakan Kemerdekaan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 09:07 WIB
Di Rumah Digital Indonesia (RDI), masyarakat bisa berinteraksi, menonton konten hiburan seni dan budaya, hingga lomba khas 17-an secara virtual 360. Ilustrasi. Di Rumah Digital Indonesia (RDI), masyarakat bisa berinteraksi, menonton konten hiburan seni dan budaya, hingga lomba khas 17-an secara virtual 360. (Foto: Istockphoto/ Yamtono_Sardi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Festival kemerdekaan virtual pertama di Indonesia segera hadir di bulan kemerdekaan.

Bertajuk Rumah Digital Indonesia (RDI), masyarakat nantinya bisa berinteraksi, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, melakukan lomba khas 17-an, hingga belanja produk lokal secara virtual.

Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia (RDI) Putri Tanjung mengatakan RDI dihadirkan agar masyarakat dapat merasakan festival kemerdekaan, sekaligus menjawab tantangan perkembangan kemajuan teknologi.


"Di tengah situasi pandemi yang menghalangi kita berkumpul merayakan kemerdekaan secara langsung, Rumah Digital Indonesia hadir menjadi tempat masyarakat berkumpul merayakan kemerdekaan sambil mengenal keragaman Indonesia," ujar Putri dalam Launching Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7).

Rumah Digital Indonesia bakal menghadirkan dua acara utama, yakni acara pembuka dan acara puncak perayaan kemerdekaan.

Acara pembuka rencananya dimulai pada 1 Agustus 2021 pada pukul 15.00 WIB. Sementara puncak perayaan kemerdekaan diadakan pada 16 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB.

Perayaan ini dihadirkan melalui arena virtual 360 dengan mengusung 7 program utama yang masing-masing terbagi dalam ruang arena.


1. Arena Lomba 17-an

Di arena perlombaan ini, masyarakat bisa mengikuti lomba khas 17-an seperti lomba balap karung, makan kerupuk, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.


2. Ruang Seni dan Budaya

Masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian budaya Indonesia, antara lain berupa tarian nasional dan kedaerahan, pembacaan puisi, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik daerah dan nasional.

Rumah Digital Indonesia juga membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengirimkan karya ke tautan di sini sebelum 20 Agustus 2021.

Karya terpilih akan ditampilkan di Ruang Seni dan Budaya agar bisa ditonton seluruh masyarakat Indonesia.


3. Ruang Komunitas

Di Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat pada segmen Cerita Kemerdekaan, Cerita Indonesia, Cerita Diaspora.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses filter photobooth perayaan kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.


4. Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia

Ruang ini menyajikan peta interaktif dengan berbagai informasi tiap provinsi, mulai dari wisata, kuliner khas, hingga Wajah Indonesia yang menampilkan sosok pahlawan lokal.

5. Ruang Literasi Digital

Sementara di Ruang Literasi Digital, masyarakat akan diajak untuk memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif.

Tujuannya agar bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan namun tetap aman dan beretika, di tengah banyaknya konten negatif.


6. Pasar Lokal

Pasar lokal merupakan bazar virtual produk UMKM unggulan yang berasal dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace.


7. Panggung Nasional

Di puncak acara pada 16 Agustus 2021 akan dilaksanakan upacara detik-detik proklamasi dan pidato kenegaraan di Panggung Nasional.

Selain itu, masyarakat bisa menonton Bincang Bangsa bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Putri Tanjung, Nadin Amizah, Sivia, dan sosok inspiratif lainnya.

Yang lebih meriah, ada pula selebrasi nusantara oleh artis tanah air, antara lain Yura Yunita, Budi Doremi, Jemimah Cita, Putri Ariani, dan lainnya.

Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menyaksikan Rumah Digital Indonesia secara virtual atau daring melalui website Rumah Digital Indonesia yang mulai dapat dikunjungi gratis mulai 1-31 Agustus 2021.

Informasi selengkapnya kunjungi website rumahdigitalindonesia.id dan Instagram @rumahdigitalindonesia.id

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK