Cegah Pasien Isoman Meninggal, Warga Diminta Jaga Komunikasi

CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 15:24 WIB
Wakil Gub DKI Ahmad Riza Patria meminta masyarakat yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri untuk rajin berkomunikasi dengan keluarga. Ilustrasi isolasi mandiri. (iStock/agrobacter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta masyarakat yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri untuk rajin berkomunikasi dengan keluarga.

Selain itu, mereka juga wajib melapor ke Satgas Covid-19, tenaga kesehatan dan pengurus RT setempat.

Riza meminta masyarakat yang terpaksa melakukan isolasi mandiri di rumah untuk tetap menjaga komunikasi dengan keluarga untuk mengantisipasi hal buruk, seperti kemungkinan meninggal saat menjalani karantina mandiri.


"Jangan sampai yang isoman, walau tidak berinteraksi fisik dengan keluarga, jangan malah hilang kontak dengan keluarga," ujar Riza.

Selain itu Riza juga meminta keluarga untuk rutin memantau anggota keluarganya yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Jadi kami juga minta keluarga yang punya anggota isoman untuk memantau karena itu penting sekali perlu ada kerja sama yang baik antara isoman dengan keluarga masing-masing, satgas dan puskesmas," ujarnya.

Riza mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah melakukan evaluasi setelah ada laporan yang menunjukkan bahwa Jakarta menempati urutan pertama jumlah pasien meninggal saat isolasi mandiri.

"Kalau update di Jakarta itu 26.961 warga di Jakarta yang isoman, 13.849 di rawat di RS, memang rata-rata yang isoman ini OTG [Orang Tanpa Gejala] yang kasusnya tanpa gejala dan memang minggu lalu ada peningkatan yang meninggal dari yang isoman nah ini jadi evaluasi kami," ujar Riza Patria dalam doorstop virtual pada Sabtu (31/7) di Jakarta.

Dari evaluasi yang dilakukan, Pemprov DKI Jakarta merumuskan beberapa hal yang harus menjadi catatan bagi warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Dia meminta masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di tempat-tempat yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami khawatir isoman di rumah masing-masing tidak memenuhi standar yang kami minta, atau disiplinnya tidak terjaga jadi sedapat mungkin isoman dilakukan di tempat-tempat yang telah kami sediakan," ujar Riza Patria.

Pemprov DKI Jakarta meminta masyarakat yang melakukan isolasi mandiri untuk aktif berkomunikasi dengan Satgas Covid-19, tenaga kesehatan dari puskesmas hingga pihak RT serta lurah setempat.

Sebelumnya Komunitas LaporCovid-19 mencatat sebanyak 2.313 warga terpapar virus corona meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri. Dari jumlah itu, sebanyak 1.161 orang di antaranya berdomisili di DKI Jakarta.

Data itu dihimpun dari berita daring, Chatbot LaporCovid, Instagram, Twitter dan Informasi personal/lembaga. Periode pengumpulan data yakni dari Juni sampai 21 Juli 2021.

"Angka kematian isoman di luar RS sejauh ini ada 2313. Di mana angka 2313 ini adalah sumbangsih rekap lapor Covid-19. Di sini akhirnya provinsi yang terbanyak adalah DKI Jakarta bukan Jawa Barat lagi yaitu sebanyak 1.161," kata Data Analyst LaporCovid-19, Said Fariz Hibban di YouTube Lapor Covid 19, Kamis (22/7).

(nly/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK