Daftar Materi Tes SKD CPNS 2021

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 06:55 WIB
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 bakal digelar 25 Agustus-4 Oktober. Berikut deret materi yang perlu dipersiapkan para peserta tes. Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS tahun 2021 akan digelar mulai 25 Agustus mendatang (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 sudah dapat diakses sejak kemarin, Senin (2/8) hingga Selasa (3/8).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan waktu tiga hari setelah tanggal pengumuman bagi peserta yang tidak lolos untuk melakukan penyanggahan. Hasil masa sanggah akan diumumkan 15 Agustus.

Jika sudah dinyatakan lolos hingga masa sanggah, peserta tinggal mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang bakal digelar 25 Agustus-4 Oktober.


Pelaksanaan SKD terdiri dari tiga tes yang dilakukan berbasis komputer, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi menetapkan passing grade atau ambang batas SKD untuk pelamar formasi CPNS umum di angka 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP.

Mengutip unggahan akun Facebook Badan Kepegawaian Negara, berikut materi-materi yang bakal diujikan pada setiap tes SKD.

1. Tes Wawasan Kebangsaan

Menguji pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:
- Nasionalisme
- Integritas
- Bela Negara
- Pilar Negara
- Bahasa Indonesia

2. Tes Intelegensia Umum

Menguji penguasaan dan kemampuan mengimplementasikan:
- Kemampuan verbal: analogi, silogisme, analitis.
- Kemampuan numerik: berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita.
- Kemampuan figural: analogi, ketidaksamaan, serial.

3. Tes Karakteristik Pribadi

Menguji penguasaan dan kemampuan mengimplementasikan:
- Pelayanan publik
- Jejaring kerja
- Sosial budaya
- Teknologi informasi
- Profesionalisme
- Anti radikalisme

(fey/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK