Luhut Temui BEM UI dan Pakar, Kampus Minta Terlibat di Covid

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 17:16 WIB
BEM UI mendorong pelibatan mahasiswa dalam penanganan pandemi covid yang saat ini masih melanda Tanah Air. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah mengundang sejumlah perwakilan BEM dari sejumlah daerah, termasuk Universitas Indonesia (UI), bersama sejumlah pakar dan kalangan praktisi medis, Rabu (4/8). Turut hadir Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI Leon Alvinda Putra, untuk membahas penanganan pandemi Covid-19.

Leon memberi sejumlah masukan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir dalam pertemuan itu. Salah satu usul yang disampaikan adalah pelibatan mahasiswa dalam menangani pandemi.

"Mahasiswa kedokteran yang saat ini memasuki tingkat akhir bisa dilibatkan atau diperbantukan menjadi tenaga kesehatan, dengan catatan keterlibatan mereka harus dijadikan atau diformulasikan menjadi sistem kredit semester (SKS) yang sudah diambil," kata Leon dalam keterangan tertulis yang disampaikan Biro Komunikasi Kemenko Marves, (4/8).


Leon mengusulkan kegiatan itu diintegrasikan dengan Kampus Merdeka. Dengan demikian, mahasiswa bisa berkontribusi dalam menangani pandemi, tapi tetap menuntaskan kewajiban di kampus.

Di kesempatan yang sama, ekonom senior dari Universitas Indonesia Faisal Basri juga memberikan masukan soal pelibatan mahasiswa. Ia menilai pemerintah juga bisa melibatkan mahasiswa-mahasiswa di luar fakultas kedokteran.

"Bukan hanya mahasiswa kedokteran dan bidang medis saja. Namun, juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa lainnya untuk membantu pemerintah dalam melakukan program 3T, misalnya menjadi tenaga input kasus tracing di lapangan," ucap Faisal.

Luhut menyambut baik usul dari BEM UI. Ia berjanji mendiskusikannya dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim soal usulan itu.

"Saya setuju sekali tujuan Kampus Merdeka ini dan akan segera menghubungi Menteri Nadiem untuk segera merealisasikan permintaan teman-teman mahasiswa ini, supaya pandemi ini dapat diatasi bersama-sama," ujar Luhut.

Selain dihadiri BEM UI, pertemuan itu juga diikuti oleh Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FGDB), Ikatan Dokter Indonesia, pengamat ekonomi hingga perwakilan himpunan mahasiswa.

Ketua BEM UI,  Leon Alvinda Putra membenarkan soal pertemuan tersebut.

"Semua saran itu bukan hanya BEM UI, tapi juga perwakilan dari BEM lainnya. Kesepakatan BEM UI, BEM UGM, BEM UNAIR, dan KM ITB," kata dia menegaskan.

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK