Garuda Shield 2021: Latihan Tempur TNI AD-Militer AS Terbesar

CNN Indonesia
Kamis, 05 Aug 2021 07:11 WIB
TNI Angkatan Darat (AD) dan milter Amerika Serikat (AS) menggelar latihan perang bersama bertajuk Garuda Shield XV sepanjang 1-14 Agustus 2021. Ilustrasi. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta, CNN Indonesia --

TNI Angkatan Darat (AD) dan milter Amerika Serikat (AS) menggelar latihan perang bersama bertajuk Garuda Shield XV sepanjang 1-14 Agustus 2021.

Ini merupakan latihan perang TNI AD dan Tentara AS terbesar sepanjang sejarah. Latihan perang digelar di Baturaja, Sumatra Selatan; Amborawang, Kalimantan Timur; dan Makalisung, Sulawesi Utara.

Total ada 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 tentara Amerika Serikat yang ikut dalam Latma Garuda Shield ini. Selain itu, latma ini disebut sebagai yang terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI dan AS selama ini.


Upacara pembukaan Latma Garuda Shield ke-15 itu digelar di Baturaja, Rabu (4/8), dipimpin KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Commanding General US Army Pasific (USARPAC), General Charles A. Flynn selaku inspektur.

Andika menuturkan latihan ini merupakan pengalaman pertama terjun lintas negara yg tidak pernah dialami generasi sebelumnya.

"Bagi generasi muda yang tergabung dalam latihan ini, semoga melalui Garuda Shield akan membentuk prajurit-prajurit calon pemimpin TNI AD di masa depan yang profesional dan bertaraf internasional," tutur Andika dalam keterangan tertulis tersebut.

Sementara itu, Flynn menuturkan bahwa latihan ini merupakan simbol dari tujuan yang lebih besar dalam kerja sama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat di masa mendatang.

Ada sejumlah materi dalam latihan ini, beberapa di antaranya: Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne.

Kegiatan latihan bersama Garuda Shield pertama kali dilakukan di Bandung, Jawa Barat, pada 2009. Kemudian, pada perbincangan bilateral via telepon antara Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan LIoyd Austin III pada akhir Mei lalu pun membicarakan perihal Garuda Shield yang digelar bulan ini.

"Menhan Austin menegaskan pentingnya pengembangan lebih lanjut hubungan pertahanan bilateral kedua negara serta menyoroti latihan utama antar angkatan darat, Garuda Shield, yang dijadwalkan pada bulan Agustus," kata juru bicara Departemen Pertahanan AS atau Pentagon, John Kirby, dalam keterangannya pada 1 April.

"Sebagai peluang untuk membangun interoperabilitas yang lebih besar antara angkatan bersenjata AS dan Indonesia," lanjut dia.

(dis/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER