Pengusaha Coba Bunuh Diri Terkait PPKM, Oded Soroti Relaksasi

CNN Indonesia | Jumat, 06/08/2021 03:54 WIB
Pengusaha kafe yang sempat mencoba bunuh diri di depan Balai Kota Bandung kini sudah dalam kondisi stabil. Ilustrasi depresi. (Foto: PDPics/Hasmat Ali)
Bandung, CNN Indonesia --

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku sudah menyampaikan keluhan masyarakat yang terpuruk akibat pembatasan sosial dan pandemi, terutama terkait upaya bunuh diri oleh Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Gan Bonddilie, kepada Pusat.

Sebelumnya, pengusaha kafe berusia 39 itu mencoba bunuh diri di depan Balai Kota Bandung pada Rabu (4/8).

"Saya menyesalkan dan prihatin dengan kejadian ini. Mudah-mudahan, korban diberikan kesembuhan," kata Oded, dalam keterangannya, Kamis (5/8).


Pihaknya pun mengaku akan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar memberikan relaksasi kembali selama pembatasan sosial.

"Kami telah menyampaikan bagaimana kondisi psikologis masyarakat yang sedang terpuruk dan kita meminta kepada pusat [memberikan relaksasi]. Tapi kan pusat juga punya pertimbangan, kita sebagai pelaksana. Kalau ada apa-apa kita usulkan," ujarnya.

Ketua Umum AKAR Arif Maulana mengungkakpan Gan saat ini sudah dalam kondisi stabil.

"Kondisinya baik, sudah stabil, saat ngobrol sudah bisa bercanda juga," kata dia, seusai menjenguk Gan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dalam jumpa pers daring, Kamis (5/8).

Arif menjelaskan luka yang dialami Gan Bonddilie cukup serius. Terdapat tiga luka sayatan di bagian leher dan luka bagian perut sebelah kanan.

"Sudah dilakukan rontgen karena takut ada luka bagian dalam, tapi ternyata tidak ada. Jadi lukanya hanya bagian luar," kata Arif.

Selain mendapatkan perawatan medis, Arif menuturkan Gan mendapat pendampingan dari psikiater. Meski begitu dia mengklaim percobaan bunuh diri itu bukan didorong depresi atau tekanan mental.

"Jadi secara mental, Kang Bonbon (panggilan Gan Bonddilie) sehat. Dia hanya berjuang bagaimana caranya para UMKM, kafe, dan restoran yang tergabung di AKAR bisa beroperasi," ujarnya.

"Aksi tersebut bukan karena bunuh diri dan stuck, dia hanya mencoba mengkomunikasikan ke pemerintah pusat bahwa inilah (sulitnya) rakyat yang lagi terkapar," terang dia.

Sebelumnya, Ketua Harian AKAR Gan Bonddilie melakukan aksi percobaan bunuh diri. Diduga aksi bunuh diri tersebut diakibatkan perpanjangan PPKM level 4 yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat, yang berpengaruh pada penghasilan para pengusaha kafe dan restoran.

DISCLAIMER BUNUH DIRIDISCLAIMER BUNUH DIRI. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
(hyg/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK