Rangkuman Covid: Delta Manokwari, Ribuan Warga Kaltim Isoman

CNN Indonesia
Sabtu, 07 Aug 2021 18:59 WIB
CNNIndonesia.com merangkum peristiwa seputar Covid, di antaranya varian delta di Manokwari dan ribuan warga isoman di Kaltim. Obat yang akan diantarkan untuk isolasi mandiri. (CNN Indonesia/ Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel akan berakhir pada 9 Agustus 2021. Kebijakan itu diambil untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Namun, sampai saat ini angka penambahan Covid-19 di Indonesia masih di atas 31 ribu. Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, sebanyak 31.753 orang dinyatakan positif pada hari ini, Sabtu (7/8).

Jumlah itu menjadikan kasus positif di Indonesia menjadi 3.639.616 kasus terhitung dari awal pandemi. Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh per hari ini sebanyak 39.716, menjadikan total kesembuhan 3.036.194 kasus.


Namun, Satgas juga mencatat sebanyak 1.588 orang meninggal dalam kurun waktu 24 jam. Sehingga, total kematian akibat Covid-19 menjadi 105.598 kasus.

Berikut informasi seputar Covid-19 yang telah CNNIndonesia.com rangkum selama 24 jam terakhir.

12 kasus Varian Delta ditemukan di Bintuni-Manokwari 

Juru Bicara Covid-19 Papua Barat Arnoldus Tiniap menyebut 12 sampel yang dinyatakan positif varian delta di Papua berasal dari Kabupaten Teluk Bintuni dan Manokwari.

"Hasil uji laboratorium Balitbangkes sudah kita terima. Dari 12 yang positif Covid-19 varian delta, 10 kasus berasal dari Kabupaten Teluk Bintuni dan 2 kasus dari Kabupaten Manokwari," ujar Arnoldus saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Sabtu (7/8) siang tadi.

Dia mengatakan pengujian dilakukan hanya terhadap 27 sampel yang memenuhi kriteria menurut Balitbangkes. Dari 27 sampel itu, 12 diantaranya varian delta.

"Jika kita kirim banyak, maka hasilnya juga akan banyak. Artinya, varian delta benar-benar telah menyebar luas dan menjadi penyebab di balik lonjakan kasus yang merangkak sejak pertengahan Juni," ujarnya.


Pemda diminta tak tunda pembaruan laporan pandemi

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) M Ardian Noervianto mengingatkan agar pemerintah daerah (pemda) tak menunda pelaporan data mengenai penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Perlu ditekankan yang menjadi prioritas di dalam laporan tersebut mencakup bidang kesehatan, penanganan dampak, dukungan ekonomi dan bantuan sosial, serta jaring pengaman sosial," kata Ardian dalam rapat koordinasi virtual Persiapan Pelaksanaan Perubahan APBD Provinsi bersama pemda seluruh Indonesia pada Jumat (6/8).

Menurutnya, ketiga hal itu yang akan dilaporkan Mendagri kepada Presiden Joko Widodo. Ardian mendorong agar laporan yang diberikan harus benar-benar yang terbaru, sehingga sekaligus menghindari polemik mengenai progres penanganan Covid-19 di setiap daerah.

Dugaan Pemborosan Rapid Test di DKI Jakarta

BPK menemukan pemborosan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Salah satunya soal anggaran belanja Rp1,1 miliar untuk pengadaan rapid test covid-19 pada 2020 lalu.

Temuan ini tertuang dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta yang beredar. Anggota badan anggaran DKI Jakarta Mujiono telah membenarkan LHP BPK untuk Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Dalam dokumen tersebut, terdapat dua penyedia jasa pengadaan rapid test covid-19 dengan merek serupa, dengan waktu yang berdekatan, namun dengan harga yang berbeda.

Anak positif Covid-19 di Papua tembus 2.584 kasus

Ratusan anak di Papua Barat saat ini masih berjuang melawan keganasan Covid-19. Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Papua Barat mencatat sepanjang pandemi berlangsung, jumlah kasus positif untuk anak di Papua Barat mencapai 2.548 kasus. Kabupaten Manokwari tertinggi dengan total 1.025 kasus, Kota Sorong 601 kasus dan sisanya tersebar di Kabupaten Kota lainnya di Papua Barat.

Ketua IDAI Papua Barat, Rio mengatakan dari jumlah itu, masih ada 112 anak yang dilaporkan positif atau tengah berjuang melawan Covid-19 saat ini."Perjuangan mereka melawan pandemi memerlukan dukungan semua pihak, terlebih khusus orangtua," ungkapnya, Sabtu (7/8).Rio mengatakan kasus positif Covid-19 terhadap anak di Papua Barat selama pandemi terus mengalami peningkatan.

Sejak Mei hingga Desember 2020, jumlah kasus positif Covid-19 untuk anak di Papua Barat sebanyak 550, dan kemudian meningkat mencapai 2.000 an kasus sejak Januari hingga Juli 2021.

20 ribu warga Kaltim Jalani Isolasi Mandiri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapati masih ada sekitar 20 ribu pasien Covid-19 di Kalimantan Timur yang memilih untuk perawatan isolasi mandiri (isoman).

"Dari info yang kita dapat 76 persen itu masyarakat dirawat di rumah sakit. Kemudian rata-rata 86-88 persen di rawat di tempat isolasi terpusat. Dan kurang lebih ada 20 ribu masyarakat dirawat secara isoman (isolasi mandiri)," ucapnya.

Menurutnya, selama ini masyarakat belum berani ke tempat isolasi terpadu dan memilih isolasi mandiri yang berisiko. Hal itu, kata dia, penting agar pasien Covid-19 mendapat perawatan secara intensif dengan fasilitas kesehatan yang lengkap.

Ia lantas meminta sekitar 20 ribu warga Kalimantan Timur yang menjalani isoman untuk menempati tempat isolasi terpusat.

"Saya sarankan mau dipindah ke tempat yang sudah disiapkan. Ini untuk menekan laju pertumbuhan angka Covid yang bisa diminimalkan," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8).

(yul/asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER