Miftachul Akhyar MUI Dirujuk ke RSI Surabaya Usai Kecelakaan

CNN Indonesia
Kamis, 12 Aug 2021 14:41 WIB
Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar akan dirujuk ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya usai kecelakaan di exit Tol Salatiga. Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar akan dirujuk ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya usai kecelakaan di exit Tol Salatiga. (CNN Indonesia/Farid)
Surabaya, CNN Indonesia --

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar akan dirujuk ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya usai mengalami kecelakaan di exit Tol Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (12/8).

Miftachul yang juga Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini sebelumnya juga sempat mendapat perawatan di RSUD Salatiga.

Direktur Utama RSI Jemursari dr Bangun Trapsila Purwaka mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan Miftachul.


"Insyaallah [Miftachul dirujuk ke RSI Jemursari]. Belum (sampai), kami menunggu," kata Bangun saat dikonfirmasi.

Bangun memastikan, kondisi Miftachul dalam keadaan baik. Hanya saja, perlu mendapat perawatan dan penanganan lebih lanjut di RSI Jemursari Surabaya.

"Artinya kan begini, beliau bisa dikirim [ke RSI Jemursari] kan kondisi stabil, mungkin setelah di sini kalau perlu ada diagnostik atau tindakan lain ya tergantung kondisi nanti," ujarnya.

Kini, pihaknya tengah menyiapkan kamar perawatan dan petugas medis untuk melakukan pelayanan ke Miftachul.

"Sudah kami siapkan, diperkirakan sampai sini sekitar jam 13.00 atau 14.00 WIB, itulah kurang lebih, yayasan yang meng-handle," tuturnya.

Wapres Doakan Miftachul

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berdoa agar Miftachul dapat segera pulih dan sehat kembali seperti sedia kala usai mengalami kecelakaan.

"Kita doakan bersama, semoga Kiai Miftah segera pulih dan sehat wal wafiat kembali," ujar Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, Kamis (12/8).

Masduki mengatakan pihaknya sudah menelepon Miftah secara langsung untuk mengetahui kondisi yang bersangkutan. Ia memastikan bahwa kondisi Miftachuldan tiga pendampingnya semakin membaik.

Ia juga memastikan Miftachulsudah bisa keluar dari RSUD Salatiga dan bisa melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

"Beliau sangat dibutuhkan oleh bangsa ini, khususnya dalam memimpin MUI dan jajaran ulama Syuriyah PBNU," kata dia.

Lebih lanjut, Masduki mengatakan bahwa Miftachul baru saja mengikuti Konferensi Fatwa Internasional di Mesir beberapa hari lalu. Di tempat itu, kata dia, Miftachul menyampaikan pidato di hadapan para mufti dunia.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Masduki Baidlowi memastikan bahwa Miftachul dalam kondisi baik usai mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di Salatiga. Saat itu, Miftah hendak pulang ke Surabaya dari Jakarta.

"Kiai Miftah enggak kenapa-kenapa, tidak ada masalah. Hanya sedikit luka. Gus Zaki juga tidak apa-apa. Indra sopirnya harus ada perawatan khusus karena kejepit," kata Masduki.

Menurutnya, mobil itu mengerem mendadak untuk menghindari truk. "Mungkin jadi pengakuan sopirnya itu ngerem mendadak karena ada truk," kata Masduki.

(frd/rzr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER