SBY dan Megawati Akan Hadiri Sidang Tahunan MPR Lewat Virtual

CNN Indonesia
Minggu, 15 Aug 2021 16:33 WIB
Dua mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menghadiri agenda Sidang Tahunan MPR RI besok. SBY dan Megawati. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua mantan presiden RI yakni, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menghadiri agenda Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI/DPD RI, dan Rapat Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2022 secara virtual, Senin (16/8) esok.

"Undangan yang mengikuti secara virtual antara lain dua mantan presiden yakni, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono," kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Minggu (15/8).

Tak hanya itu, Dasco mengatakan bahwa empat mantan wakil presiden RI juga turut hadir secara virtual dalam acara tersebut. Mereka di antaranya Try Sutrisno, Hamzah Haz, Jusuf Kalla dan Boediono.


Sementara itu, terdapat dua mantan Ketua MPR, empat mantan Ketua DPR, dan empat mantan Ketua DPD juga dijadwalkan hadir secara virtual. Lalu, hadir juga secara virtual sebanyak 540 anggota DPR dan 124 anggota DPD,

"103 duta besar/perwakilan negara sahabat, 8 pimpinan BPK, 9 jajaran Mahkamah Agung (MA), 7 orang jajaran Mahkamah Konstitusi (MK), 6 orang jajaran Komisi Yudisial (KY), dan 34 gubernur se-Indonesia," kata dia.

Lebih lanjut, Dasco menyatakan bahwa pelaksanaan sidang tahunan MPR digelar secara sederhana dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat mengingat digelar di tengah pandemi.

Ia merinci acara tersebut hanya dihadiri 60 orang secara fisik di kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta dan sisanya secara virtual.

60 orang yang hadir langsung itu di antaranya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Lalu pimpinan DPR sebanyak 5 orang, pimpinan MPR (10 orang), ketua fraksi/kelompok DPD (10 orang).

Lalu, ketua fraksi di DPR sebanyak 9 orang, pimpinan DPD (4 orang), perwakilan subwilayah (4 orang), serta pimpinan lembaga negara (Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY) juga akan hadir langsung.

"Selain itu dari unsur pemerintah, di antaranya Menko Polhukam, Menko PMK, Menko Marives, Menteri Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri," kata dia.

"Pada sidang tahunan besok, akan melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dimana terdapat kewajiban tes PCR untuk memasuki ruang sidang," tambahnya.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan diselenggarakan di Gedung Nusantara Komplek MPR/DPR, Senin, (16/8) pukul 08.30 WIB.

Bambang memaparkan bahwa Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugasnya selama setahun terakhir dalam Sidang Tahunan MPR.

Hal itu bertujuan agar rakyat bisa mengetahui sejauh mana kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara selama setahun terakhir ini.

(rzr/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER