PPKM Luar Jawa Bali Sampai 23 Agustus, 45 Wilayah Level 4

CNN Indonesia
Senin, 16 Aug 2021 20:44 WIB
Pemerintah tetap memberlakukan masa PPKM di luar Jawa dan Bali hingga 23 Agustus 2021. Ilustrasi. PPKM Kabupaten/Kota di luar Jawa-Bali di level 4 ada 45, level 3 ada 302 kabupaten/kota, dan untuk level 2 ada 39 kabupaten/kota. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah pusat RI memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 23 Agustus mendatang untuk wilayah Jawa-Bali guna menekan laju penularan virus corona (Covid-19).

Sementara di luar pulau-pulau tersebut, PPKM tetap diberlakukan sesuai pernyataan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menjadi komandan PPKM luar Jawa-Bali, yakni sampai 23 Agustus.

"Masih berlaku sampai 23 Agustus, dengan PPKM Kabupaten/Kota di luar Jawa-Bali di level 4 ada 45, level 3 ada 302 kabupaten/kota, dan untuk level 2 ada 39 kabupaten/kota," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menjadi komandan PPKM luar Jawa-Bali dalam konferensi pers secara virtual yang diakses lewat Youtube Kemenko Marves, Senin (16/8) malam.


Oleh karena itu, Airlangga pun menegaskan pelaksanaan protokol kesehatan termasuk pelonggaran untuk sejumlah tempat aktivitas masih sesuai dengan level-level kewaspadaan di daerah masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Menko Marves Luhut B Pandjaitan menerangkan di Jawa-Bali kini PPKM Level 3 dan 2 kini tersebar di 61 kabupaten/kota di Jawa dan Bali.

Luhut belum merinci 61 wilayah mana saja yang masuk dalam PPKM level 3 dan 2 tersebut. Ia menyatakan rincian daerah-daerah tersebut akan diatur lebih lanjut dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Terkait keputusan ini akan dituangkan dalam Inmendagri secara detail," kata dia.

Diketahui, PPKM Level 4, 3, dan 2 telah diterapkan di sejumlah daerah selama empat pekan terakhir. Awalnya pemerintah menerapkan PPKM Darurat pada 3-20 Juli lalu usai terjadi lonjakan kasus Covid-19 beberapa pekan setelah lebaran.

Kemudian pemerintah menerapkan PPKM Level 4 pada 20-25 Juli, berlanjut pada 26 Juli-2 Agustus, 3-9 Agustus. Kemudian 10-16 Agustus merupakan perpanjangan keempat, lalu kini diperpanjang lagi hingga 23 Agustus mendatang.

(dmi/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER