Luhut: Aglomerasi Bali, Malang, Solo & DIY Masih PPKM Level 4

CNN Indonesia | Senin, 23/08/2021 20:42 WIB
Wilayah aglomerasi Bali, Malang Raya, Solo Raya, dan DIY disebut masih berstatus PPKM level 4. Ilustrasi penanganan Covid-19 di Bali. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah menetapkan wilayah aglomerasi Bali, Malang Raya, Solo Raya, dan Daaerah istimewa Yogyakarta (DIY) masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"Khusus untuk wilayah aglomerasi Bali, Malang Raya, Solo Raya, serta DIY, untuk saat ini masih pada level 4," tutur Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, dalam konferensi pers, Senin (23/8).

"Tetapi kami perkirakan akan turun menjadi Level 3 pada beberapa minggu ke depan dengan perbaikan yang terus menerus dalam penanganan Covid, terutama agar meningkatkan kesembuhan lebih cepat dan menekan laju kematian," lanjutnya.


Status PPKM Level 4 menandakan suatu wilayah memiliki angka kasus positif Covid-19 lebih dari 150 orang per 100 ribu penduduk per minggu. Selain itu, kejadian rawat inap di rumah sakit lebih dari 30 orang per 100 ribu penduduk per pekan, angka kematian warga akibat Covid-19 lebih dari lima orang per 100 ribu penduduk.

Luhut mengatakan empat wilayah aglomerasi lainnya sudah turun status PPKM-nya ke level 3.

"Berita baik seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden, untuk periode penerapan PPKM Level 4, 3, dan 2 periode 24-30 Agustus 2021 wilayah Aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, dan Surabaya Raya mengalami penurunan Level, dari PPKM Level 4 ke Level 3 pada minggu ini," urai dia.

Dengan penurunan level PPKM itu, Luhut menyebut kabupaten/kota yang masuk ke Level 3 bertambah menjadi 67 daerah. Untuk level 2 pun jumlahnya bertambah menjadi 10 kabupaten/kota.

Soal rincian daerahnya, kata dia, "Akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri secara lebih mendetail."

Luhut menyebut pengendalian pandemi membutuhkan kebersamaan dan kesabaran semua pihak. "Kita harus kerja bahu-membahu, tidak boleh ada satu orang pun yang merasa paling tahu menangani Covid," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut daerah berstatus PPKM level 4 di Jawa-Bali berkurang dari 67 kabupaten/kota berkurang menjadi 51 daerah.

Untuk luar Jawa-Bali, daerah PPKM level 4 juga berkurang dari 11 provinsi menjadi 7 provinsi, 132 kabupaten/kota menjadi 104 daerah.

(dmi/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK