Moeldoko soal TWK: Langkah KPK Sesuai Keinginan Presiden

CNN Indonesia
Jumat, 27/08/2021 21:49
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah melakukan langkah-langkah yang diinginkan Presiden Joko Widodo dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Pernyataan itu ia sampaikan menjawab tuntutan publik agar Jokowi menengahi polemik TWK.

Moeldoko menjelaskan para pegawai yang tidak lolos TWK sudah difasilitasi untuk ikut bela negara. Menurutnya, permasalahan itu telah selesai.

"KPK sudah melakukan langkah-langkah ya seperti apa yang diinginkan oleh Presiden bahwa untuk penanganan terhadap mereka kemarin sudah selesai," kata Moeldoko dalam program Newscast CNNIndonesia TV, Jumat (27/8).


Moeldoko meminta publik berhenti menarik-narik Jokowi dalam polemik TWK KPK. Ia menilai permasalahan ini telah menjadi urusan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan KPK.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan tidak bisa semua urusan pemerintahan ditangani langsung oleh presiden. Ia berkata setiap kementerian/lembaga memiliki otoritas untuk menangani bidang masing-masing.

Lebih lanjut, Moeldoko menegaskan komitmen Jokowi dalam urusan pemberantasan korupsi. Dia menyebut Jokowi tak pernah abai terhadap permasalahan korupsi.

"Semangat Presiden di dalam menyelesaikan corruption itu bukan sebuah jargon, tapi sebuah langkah nyata," tuturnya.

Sebelumnya, polemik TWK KPK terus bergulir. Para pegawai yang tidak lulus tes menyurati Jokowi. Mereka meminta diangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Para pegawai itu bersurat dengan Jokowi dengan modal simpulan Komnas HAM dan Ombudsman soal TWK KPK. Menurut dua lembaga itu, ada sejumlah masalah pada TWK KPK.

(dhf/ain)


Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Babak Akhir Polemik TWK

KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK