Fadjroel soal Reshuffle demi PAN: Presiden Fokus ke Pandemi

CNN Indonesia | Sabtu, 28/08/2021 20:42 WIB
Jubir Presiden Fadjroel Rachman mengklaim Pemerintah fokus penanganan pandemi saat ditanya soal reshuffle kabinet pasca-bergabungnya PAN ke koalisi pemerintah. Jubir Presiden, Fadjroel Rachman, menyerahkan calon menteri dari PAN kepada Jokowi. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menjawab isu kocok ulang atau reshuffle kabinet setelah Partai Amanat Nasional (PAN) masuk barisan koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ia menyebut masalah reshuffle kabinet merupakan kewenangan penuh Jokowi.

"Tentang reshuffle kabinet, itu adalah hak prerogratif beliau. Saya hanya bicara tentang reshuffle setelah beliau bicara," kata Fadjroel dalam diskusi daring Polemik Sindo Trijaya FM, Sabtu (28/8).


Fadjroel menyampaikan saat ini pemerintah tidak berfokus pada perombakan kabinet. Menurutnya, Jokowi dan kabinetnya mencurahkan energi penuh dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Presiden bersama seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju hanya fokus menyelesaikan pandemi Covid-19," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan belum ada pembicaraan soal reshuffle kabinet. Ia menyebut PAN belum mendapat kabar soal jatah kursi di pemerintahan.

Meski begitu, PAN tak menarik dukungan kepada Jokowi. Yandri berkata PAN selalu mendukung pemerintah sejak awal.

"Bagi kami, selama ini tidak dalam pemerintah juga membantu pemerintah," ujar Yandri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menambah anggota koalisi pendukung pemerintah. Ia mengajak PAN bergabung dalam koalisi yang telah dihuni 6 partai.

Keputusan itu diumumkan para pimpinan koalisi usai pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/8). Dalam pertemuan itu, untuk pertama kalinya pimpinan PAN diikutsertakan.

(dhf/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK