Firli Bahuri Minta Kepala Daerah Permudah Izin Usaha

CNN Indonesia | Selasa, 31/08/2021 15:05 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri meminta para kepala daerah mempermudah investasi dan izin usaha. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKFirli Bahuri meminta para kepala daerah mempermudah investasi dan izin usaha. Firli mengatakan, permintaan itu ia sampaikan sesuai arahan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi).

Menurut Firli, kemudahan investasi dan izin usaha di daerah penting guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka pengangguran.

"Kami titip ada pesan dari khusus dari Bapak Presiden, supaya kepala daerah memberikan kemudahan investasi dan perizinan usaha," kata Firli dalam pesan webinar di YouTube KPK RI, Selasa (31/8).


Jenderal polisi bintang tiga itu menjelaskan lima peran kepala daerah. Pertama, kata dia, kepala daerah berperan untuk mewujudkan tujuan negara. Kedua, menjaga stabilitas politik dan keamanan. Sebab, menurut Firli, stabilitas politik dan keamanan adalah kunci dalam pembangunan nasional.

Ketiga, kepala daerah berperan penting untuk menjaga keselamatan jiwa masyarakat. Keempat meningkatkan ekonomi masyarakat, dan terakhir menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional.

"Karena sesungguhnya masyarakat adalah hukum tertinggi salus populi suprema lex esto musim pandemi sekarang, tentulah kepala daerah memiliki tanggung jawab untuk penyelamatan jiwa manusia," kata dia.

Pada kesempatan itu, Firli mengungkap 10 daerah dengan nilai sistem monitoring pencegahan korupsi tertinggi atau disebut monitoring center for prevention (MCP).

Dia merinci 10 daerah tersebut yakni Sulawesi Utara, Bali, Jawa Tengah, Daerah Khusus Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumatera Utara, Jawa Barat, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Banten.

"Tentu apa yang sudah dicapai ini bukan terminal akhir, tetapi kita merupakan tantangan bagaimana kita bisa tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga betul-betul kita bisa menerapkan asas-asas umum pemerintahan yang bersih, pemerintahan yang baik," kata Firli.

(thr/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK