Pimpinan KPI Baru Tahu MS Alami Pelecehan Seksual Sejak 2015

CNN Indonesia
Kamis, 02 Sep 2021 21:39 WIB
Pimpinan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tak pernah mendapat laporan ada pegawainya dirundung hingga kemudian kasus mencuat publik baru-baru ini. Komisioner KPI Nuning Rodiyah mengaku baru mengetahui kasus pelecehan pegawainya. (Foto: detikcom/Lamhot Aritonang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengaku baru mengetahui kasus dugaan pelecehan seksual terhadap salah satu pegawainya berinisial MS. Padahal, MS mengaku sudah mengalami itu Oktober 2015.

Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah mengatakan dirinya baru menerima informasi dugaan pelecehan seksual itu pada Rabu (1/9) siang atau surat terbuka MS beredar luas.

"Rabu siang saya baru terima itu dan kemudian dikonfirmasi oleh teman-teman, dikonfirmasi oleh beberapa kolega dan itu baru kita ketahui," kata Nuning dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (2/9) malam.


Menurut Nuning, selama ini pimpinan, kepala bagian, dan kepala sub bagian di KPI Pusat belum pernah menerima laporan menyangkut dugaan pelecehan seksual dan perundungan terhadap MS.

Nuning mengaku hanya menerima laporan mengenai ketidaknyamanan kerja yang dirasakan oleh korban. Laporan ini MS sampaikan secara pribadi kepada Nuning pada 2019.

"Itu pun juga disampaikan ke saya secara pribadi yang bersangkutan masuk ke ruangan saya, menanyakan kalau bisa saya pindah ke divisi lain," tutur Nuning.

Merespon hal ini, Nuning mengatakan kepada korban bahwa pindah ke divisi lain terdapat mekanisme yang harus ditempuh. Korban bisa pindah divisi lain jika terdapat formasi yang kosong dan mengikuti seleksi formasi tersebut.

"Yang bersangkutan hanya menyampaikan itu tidak ada diskusi langsung. Bagi saya tidak kemudian harus banyak ngerumpi, maka kemudian bertanya pertanyaan-pertanyaan soal substansi pekerjaan," jelas Nuning.

Nuning lalu menegaskan bahwa KPI Pusat tidak mentolerir pelecehan seksual dan perundungan.

Pihaknya akan memberikan sanksi tegas terhadap para terduga pelaku jika mereka terbukti melakukan perbuatan tersebut.

"Seluruh pimpinan KPI sudah berkomitmen untuk memberikan tindakan tegas kepada pelaku kekerasan seksual dan perundungan," ujar Nuning.

Sebelumnya, seorang pegawai KPI Pusat berinisial MS diduga dilecehkan oleh rekan-rekan kerjanya. MS mengaku persoalan ini telah membayanginya selama bertahun-tahun.

MS sudah melaporkan lima pegawai KPI ke kepolisian. Rencananya, kepolisian akan memanggil mereka untuk diperiksa pada Senin mendatang (6/9).

(iam/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER