Crowd Free Night, Wagub Sebut Terkait Pembukaan Kafe-Restoran

CNN Indonesia
Rabu, 08 Sep 2021 10:01 WIB
Pemprov DKI menyebut crowd free night digelar terkait pelonggaran PPKM yang bisa memicu kenaikan mobilitas warga. Ilustrasi pembatasan mobilitas. (Foto: ANTARA FOTO/RAHMAD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut penerapan crowd free night (CFN) setiap akhir pekan dilakukan untuk tetap menekan mobilitas di masa pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pelonggaran PPKM akan memicu peningkatan mobilitas warga.

"Seiring dengan pelonggaran [PPKM] tentu intensitas [mobilitas] semakin tinggi, karena dibukanya tempat-tempat baru seperti kafe, restoran, jadi di malam-malam tertentu kita adakan penutupan di jalan-jalan tersebut," ujar Riza di Balai Kota, Selasa (7/9).


Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sebelumnya menerapkan crowd free night setiap akhir pekan di malam Jumat, malam Sabtu, dan malam Minggu. Crowd free night berlaku mulai pukul 00.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Namun, penerapan CFN ini akan disesuaikan dengan penerapan level PPKM yang diterapkan Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sebelum pukul 00.00 WIB, kepolisian akan melakukan penyekatan terbatas. Ini menyasar komunitas motor hingga kerumunan massa di empat wilayah tersebut.

Sambodo juga menyebut kebijakan ini dikecualikan untuk para penghuni yang memang tinggal di wilayah tersebut. Selain itu, mobil ambulans juga dikecualikan dari kebijakan ini.

Ia juga menyebut kebijakan CFN ini dilakukan untuk mencegah kerumunan massa. Sebab, kerumunan massa mulai terjadi di beberapa tempat di masa PPKM level 3 saat ini.

"Karena ditengarai PPKM level 3 ini banyak sekali pelanggaran prokes, terutama di tempat-tempat keramaian," ucap dia.

(dmi/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER