Survei Pilpres ASI dan Spin: Prabowo Ungguli Anies dan Ganjar

CNN Indonesia | Rabu, 08/09/2021 18:18 WIB
Dua lembaga merilis hasil survei secara terpisah yakni ASI dan SPIN. Mereka sama-sama menemukan bahwa Prabowo yang terbaik elektabilitasnya. Prabowo Subianto diketahui telah memiliki pengalaman tiga kali bertarung dalam gelaran Pilpres. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua lembaga merilis hasil jajak pendapat yang dilakukan secara terpisah yakni Survey & Polling Indonesia (Spin) dan Arus Survei Indonesia (ASI), Rabu (8/9).

Pada hasil survei terkait Pilpres 2024, dua lembaga itu sama-sama menemukan bahwa Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, yang terunggul elektabilitasnya dibandingkan tokoh-tokoh lainnya.

Spin menyebut tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mencapai 21,9 persen.


Direktur Spin Igor Dirgantara mengatakan berdasarkan hasil survei, Prabowo menjadi sosok paling potensial di Pilpres 2024. Elektabilitas Prabowo mengalahkan kandidat-kandidat muda seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Pak Prabowo juga menempati urutan pertama dengan 21,9 persen, diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," kata Igor dalam peluncuran hasil survei secara daring, Rabu (8/9).

Dalam survei itu, elektabilitas Anies 16,1 persen dan Ganjar 15,6 persen. Igor menyebut elektabilitas dua sosok itu bisa saling menyalip jika melihat tingkat toleransi kesalahan survei, yaitu 2,4 persen.

Nama lain yang masuk dalam kandidat potensial Pilpres 2024 versi Spin adalah Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY (8,7 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5 persen), serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (4,9 persen).

Selain itu, Spin juga merekam tingkat keterkenalan atau popularitas calon presiden. Dalam kategori ini, Prabowo kembali menempati urutan pertama dengan popularitas sebesar 89,1 persen.

Di bawah Prabowo, ada Sandiaga dengan popularitas 87,9 persen. Selain itu, ada Anies (87,7 persen), Ganjar (86,4 persen), dan AHY (86,1 persen).

"Elektabilitas Pak Prabowo paling tinggi, popularitas dan akseptabilitas juga paling tinggi karena dia masih ada di hati masyarakat. Publik kembali memberi kesempatan kepada Pak Prabowo untuk maju lagi," ujar Igor.

Spin melakukan survei ini pada 7-21 Agustus 2021. Survei melibatkan 1.670 responden yang ditentukan lewat metode multistage random sampling. Tingkat toleransi kesalahan survei ini kurang-lebih 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca halaman selanjutnya hasil lengkap survei ASI

Survei ASI: Prabowo Elektabilitas Tertinggi, Disusul Anies dan Ganjar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK