Bandung Zona Kuning, Kebun Binatang-Olahraga Outdoor Dibuka

CNN Indonesia
Kamis, 09 Sep 2021 06:42 WIB
Sejumlah tempat wisata di Bandung diizinkan beroperasi usai ada penurunan status risiko Covid-19, seperti kebun binatang, hingga Trans Studio. Kebun Binatang Bandung diizinkan beroperasi usai ada penurunan level PPKM. (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penurunan level kewaspadaan Kota Bandung dari zona risiko tinggi (zona oranye) ke zona risiko rendah (zona kuning) membuat sejumlah tempat wisata diizinkan kembali buka dengan protokol kesehatan ketat.

"Berdasarkan aspirasi, di perhotelan ada MICE (Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition) itu akan kita berikan relaksasi. Juga kebun binatang, tempat olahraga outdoor," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota, Rabu (8/9).

Selain itu, katanya, Kiara Artha Park, Trans Studio Bandung, dan Saung Angklung Udjo juga sudah boleh beroperasi.


Namun, Oded mengingatkan relaksasi yang diberikan pada prinsipnya pengelola tempat dan pengunjung harus disiplin dengan protokol kesehatan demi menjaga situasi dan kondisi saat ini.

Ia mengaku akan segera mengatur terkait kapasitas, jam operasional, hingga usia pengunjung yang boleh memasuki beberapa tempat yang diberikan relaksasi tersebut. Sedangkan tempat yang lain akan dilakukan secara bertahap.

"Dine in di dalam gedung sudah boleh, waktu makannya 1 jam, kapasitasnya masih 25 persen. Kalau pengunjung usia 12 tahun ke bawah nanti akan diatur kembali, karena kita tetap sejalan dengan Inmendagri," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan pihaknya akan membahas pengaturan kapasitas dan protokol lainnya terkait pembukaan beberapa tempat olahraga outdoor.

"Nanti akan diatur seperti jumlah orang misalnya tidak 50 persen kapasitas. Karena misalnya, di Sabuga kapasitas 10.000 orang berarti 5.000 orang di sana kan tidak akan begitu. Tapi dibatasi untuk 200 orang. Dan lama olah raga akan diatur juga, misalnya hanya untuk satu setengah jam," tuturnya.

Terkait Kebun Binatang dan tempat wisata lain, Ema juga akan mengatur batasan usia yang diperbolehkan masuk sebagai pengunjung. Pasalnya, batasan usia untuk masuk pusat perbelanjaan adalah 12 tahun ke atas.

"Acara musik, pameran, dan kegiatan lain yang akan mengundang kerumunan juga masih belum diperbolehkan. Tapi kalau musik di kafe untuk menghibur itu tidak ada masalah, itu istilahnya compliment," kata Ema.

Kota Bandung saat ini berada pada level kewaspadaan zona kuning atau risiko rendah dengan nilai 2,54. Selain itu positivity rate berada di angka 1,77, dan bed occupancy rate (BOR) di angka 19,16 persen.

(hyg/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER