KPK Resmi Ajukan Kasasi atas Vonis Bebas Samin Tan

CNN Indonesia
Jumat, 10 Sep 2021 15:20 WIB
KPK mengajukan Kasasi ke MA terkait vonis bebas Pengadilan Tipikor pengusaha Samin Tan yang didakwa menyuap anggota dewan. KPK ajukan kasasi atas putusan bebas bagi terdakwa kasus suap Samin Tan. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan memori Kasasi ke Mahkamah Agung (MA) menindaklanjuti vonis bebas Bos PT Borneo Lumbung Energi & Metal (PT BLEM) Samin Tan oleh Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

"Tim jaksa KPK hari ini telah menyerahkan memori kasasi ke MA atas nama terdakwa Samin Tan melalui kepaniteraan pidana khusus Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Jumat (10/9).

Ia menilai majelis hakim pada tingkat pertama tidak menerapkan hukum sebagaimana mestinya. Terutama soal penerapan pembuktian unsur gratifikasi yang diatur dalam Pasal 12B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).


"Di beberapa putusan perkara lain terkait pembuktian Pasal tersebut dapat diterapkan sehingga surat dakwaan jaksa dapat dinyatakan terbukti," kata juru bicara berlatar belakang jaksa tersebut.

"KPK berharap, dalil dan argumentasi hukum tim jaksa KPK dapat diterima dan diambil alih oleh majelis hakim pada tingkat kasasi," lanjutnya.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menyatakan Samin Tan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan jaksa.

Samin Tan dinilai hanya menjadi korban dari mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih. Selain itu, ia selaku pemberi gratifikasi belum diatur dalam UU Tipikor.

Yang diatur adalah pegawai negeri atau penyelenggara negara yang tidak jujur karena telah menerima sesuatu dalam batas waktu 30 hari tidak melaporkan kepada KPK sesuai Pasal 12B UU Tipikor.

Berdasarkan pertimbangan itu, majelis hakim memerintahkan agar Samin Tan dibebaskan dari tahanan. KPK pun sudah mengeluarkan Samin Tan dari tahanan pada hari putusan itu dibacakan.

(ryn/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER