Pasar Lama Perbaungan Sumut Terbakar, 144 Bangunan Hangus

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 16:03 WIB
Api melahap ratusan kios yang berdiri rapat di Pasar Lama Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut, Kamis (16/9). Pasar Lama Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai), Sumut, terbakar, Kamis (16/9). (Foto: CNN Indonesia/Farida)
Medan, CNN Indonesia --

Ratusan kios di Pasar Lama Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, hangus terbakar, Kamis (16/9). Sejauh ini, belum diketahui penyebab dari insiden tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sergai Fajar Simbolon mengatakan tujuh unit mobil pemadam kebakaran diturunkan dari Pemkab Sergai dan Deliserdang.

"Semua unit kita turunkan dan ada dari Pakam. Totalnya ada tujuh unit," kata Fajar saat dikonfirmasi, Kamis (16/9).


Petugas kesulitan melakukan pemadaman lantaran api cepat menyebar dan akses menuju lokasi cukup sempit.

"Pemadaman sekitar satu setengah jam lah. Api cepat menyebar karena rapat-rapat sekali kiosnya," paparnya.

Menurut Fajar tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Berdasarkan data sementara, total 144 bangunan yang hangus.

"Berdasarkan data sementara, 144 bangunan hangus. Barang barang di dalam kios tidak sempat diselamatkan karena api cepat membesar," paparnya.

Saksi mata yang melihat kejadian mengungkapkan, api cepat membesar dan menjalar. Tak sampai setengah jam, api menghanguskan bangunan ruko dan kios.

"Apinya besar, cepat sekali maraknya. Dua puluh menit saja ratusan kios terbakar. Banyak barang yang gak terselamatkan," papar Adi, saksi mata yang menyaksikan peristiwa itu.

Banyaknya titik api menjadi penyebab api dengan cepat menghanguskan kios beserta isinya. Bahkan sempat terdengar suara ledakan yang bersumber dari trafo yang meledak karena api.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya telah mendatangi lokasi kebakaran. Ia pun mengungkapkan turut berduka atas peristiwa yang menimpa para pedagang.

"Kami akan melakukan langkah-langkah guna membantu pedagang yang tertimpa musibah kebakaran," paparnya.

(fnr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK