Motor Chopper Hilang di LHKPN, Jokowi Alihkan ke Kaesang

CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 08:58 WIB
Presiden Jokowi mengungkapkan alasan chopperland miliknya tak ada di dalam LHKPN terbaru karena motor-motor sudah dialihkan ke anaknya. Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Pasir Suren, Sukabumi, Jawa Barat beberapa waktu lampau. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sepeda motor modifikasi bergaya chopper, Chopperland, milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tak ditemukan pada data terbaru di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK per 12 Maret 2021 periodik 2020.

Diketahui, Jokowi memiliki motor chopper tersebut sejak 2018. Proses pengerjaannya melibatkan pemodifikasi dalam negeri, yakni Kick Ass Chopper dan Elders Garage. Mantan Wali Kota Solo itu membelinya dengan mahar Rp140 juta.

Menjawab hal tersebut, Jokowi mengatakan sepeda motor modifikasi itu tak ada dalam catatan asetnya karena telah beralih tangan ke anaknya sendiri.


"Motor-motor sudah dialihkan ke Kaesang [Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi)," kata dia dalam pertemuan dengan forum pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lebih jelasnya, Jokowi pun meminta tanya saja ke kepolisian yang mencatat perpindahan nama tersebut karena dirinya sudah menghibahkan kendaraan roda dua tersebut.

Diketahui, Jokowi pernah pernah hits pada 2018 saat mengendarai Chopperland ke Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Saat itu banyak orang membicarakannya mulai dari soal modifikasi motornya, mempertanyakan kelaikan jalannya, hingga jaket biru dengan gambar peta Indonesia di bagian dada.

Chopperland terdapat di dalam LHKPN Jokowi sebelumnya, yakni per 14 Agustus 2018, yang merupakan salah satu dari seluruh kekayaannya senilai Rp50,24 miliar. Selain Chopperland, menurut data ini Jokowi juga punya 12 kendaraan lain.

(tim/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK