KMP Pengayoman Tenggelam, Petugas Lapas Nusakambangan Tewas

CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 12:32 WIB
Seorang petugas Lapas dan pekerja proyek meninggal dunia usai KMP Pengayoman tenggelam di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9). Ilustrasi. Seorang petugas Lapas dan pekerja proyek meninggal dunia usai KMP Pengayoman tenggelam di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9). Foto: Unsplash/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua orang meninggal dunia akibat tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9). Dua orang akibat KMP Pengayoman tenggelam yakni petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan pekerja proyek.

"Dari hasil evakuasi sementara 6 orang dievakuasi 4 orang selamat: Nakhoda kapal (P. toro, pegawai lapas batu), awak kapal. 2 orang meninggal: petugas lapas dan pekerja proyek," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti, melalui keterangan tertulis, Jumat (17/9).

Kronologi KMP Pengayoman Tenggelam

Rika menuturkan kronologi kecelakaan KMP Pengayoman tersebut. Sekitar pukul 09.00 WIB, kapal pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga Sodong mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas.


Ketika berada di tengah perjalanan, lanjut Rika, kapal mulai oleng dikarenakan angin kencang dan ombak yang besar dan kuat.

"Kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat," tutur Rika.

Evakuasi Kapal di Nusakambangan

Saat ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tengah menuju Nusakambangan guna melakukan koordinasi dan monitor pelaksanaan penanganan dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah.

"Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu NK, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan," kata Rika.

(ryn/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK