Polri Endus Potensi Serangan, OPM Klaim Tak Ganggu PON Papua

CNN Indonesia
Jumat, 17 Sep 2021 18:35 WIB
Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom khawatir ada pihak lain yang beraksi selama gelaran Pon Papua dan menuding pihaknya yang melakukan serangan tersebut. TPNPB-OPM menyatakan tak memiliki agenda untuk menggagalkan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober 2021. Ilustrasi (Dok. freewestpapua.org)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan tak memiliki agenda untuk menggagalkan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober 2021.

"Kami tidak punya agenda untuk (gagalkan) PON, kami akan perang sesuai keadaan daerah," kata Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom saat dihubungi, Jumat (17/9).

Sebby mengatakan OPM tidak pernah berencana untuk menggangu dan menyerang lokasi PON. Namun, ia khawatir ada pihak lain yang beraksi dan menuding pihaknya melakukan serangan saat PON nanti.


"Jangan sampai ada kelompok lain akan beraksi. Tapi untuk Kami Komnas TPNPB-OPM tidak punya instruksi untuk gagalkan PON," ujarnya.



Sebagai informasi, aparat TNI-Polri menerjunkan 9.986 personel untuk mengamankan PON di Papua. Pasukan akan disebar ke empat daerah yang menjadi lokasi PON, yakni Kota Jayapura, ada Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Pengamanan akan dilakukan ekstra untuk mengantisipasi ancaman gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua selama PON berlangsung.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono pihaknya telah menyusun langkah-langkah pencegahan dari gangguan KKB atau OPM.

"Telah identifikasi berbagai hal-hal yang kemungkinan akan mucul, salah satunya adalah gangguan dari KKB. Itu sudah teridentifikasi," kata Rusdi dalam konferensi pers yang digelar di Mabes Polri, Jakarta Pusat, Kamis (15/9).

Terpisah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar menyebut bahwa serangan terorisme terhadap pelaksanaan PON XX di Papua merupakan keniscayaan.

Ia mengklaim telah berkoordinasi dengan seluruh jaringan intelijen guna memberikan masukan dan meminta agar kewaspadaan ditingkatkan menjelang pelaksanaan pesta olahraga itu.

(mjo/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER