Sandiaga Dukung Pemulihan Pariwisata di Desa Wisata Ranu Pani

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 18:19 WIB
Masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia, Desa Ranu Pani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dinilai Sandiaga Uno memiliki banyak potensi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif Sandiaga Uno saat meresmikan Desa Ranu Pani sebagai satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia, Minggu (19/9). (Foto: Arsip Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif Sandiaga Uno menetapkan Desa Wisata Ranu Pani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

"Salam sehat, salam Indonesia maju dan penuh semangat. Kami menganugerahkan Desa Wisata Ranu Pani sebagai salah satu dari 50 destinasi desa wisata Indonesia terbaik. Saya tanda tangani prasasti ini sebagai penanda diresmikannya Desa Wisata Ranu Pani," ujar Sandiaga di Desa Wisata Ranu Pani, Minggu (19/9).

Sandiaga mengaku bangga atas capaian Desa Ranu Pani. Pada kunjungan ini, dirinya pun sempat menginap dan merasakan suhu hingga 9 derajat Celcius saat lari pagi.


Dia menilai, Desa Ranu Pani memiliki potensi untuk berkembang. Sandiaga menegaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kratif akan hadir untuk membantu menggerakkan ekonomi, serta berupaya menciptakan lapangan kerja.

"Hari ini situasi Covid-19 sudah semakin membaik, saya titip penerapan protokol kesehatan dijaga, jangan sampai ketidakdisiplinan membuat PPKM diperketat. Vaksinasi di Lumajang sudah mencapai 28 persen, saya harapkan terus ditingkatkan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," katanya.

Sandiaga menjelaskan, kondisi pariwisata Indonesia saat ini tengah bergerak dari wisata berbasis kuantitas menjadi kualitas. Hal itu tercermin dari minat tinggi para wisatawan terhadap alam dan budaya.

Untuk itu, dia mendorong agar masyarakat mendukung pengendalian pandemi dengan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi, juga dibantu oleh kepimpinan dari Forkopimda. Sementara, Kemenparekraf akan mendukung melalui berbagai program pemulihan seperti DAK dan PEN, juga membuka tempat-tempat wisata secara bertahap.

"Ranu Pani mendapatkan Rp22 miliar, salah satunya untuk pelebaran jalan di sentra pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemudian para pelaku parekraf mendapatkan pendampingan dari komunitas untuk bisa meningkatkan omset penjualan mereka," kata Sandiaga.

Dia menambahkan, "Saya ingin mengajak masyarakat berwisata di Ranu Pani saja saat datang ke Lumajang. Jangan lupa Desa Wisata Ranu Pani ini yang menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia bisa membawa berkah bagi kita semua."

(rea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK