Bobby Yakin Medan PPKM Level 3, Fatality Rate Covid-19 Turun

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 23:13 WIB
Walkot Medan Bobby Nasution meminta masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan meski status penanganan Covid-19 di Kota Medan turun PPKM Level 3. Wali Kota Medan, Bobby Nasution meminta masyarakat tak mengendorkan protokol kesehatan usai Kota Medan turun menjadi PPKM Level 3. (CNN Indonesia/ Farida)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengklaim penanganan penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayahnya terus membaik. Bobby meyakini status penanganan Covid-19 Kota Medan turun menjadi PPKM Level 3.

"Insyaallah, kalau melihat dari trend kasus dan pekerjaan rumah yang diberikan kepada kami dan sudah kami kerjakan dan sesuai, dan sudah kita perbaiki pendataan dan melihat dari kategori yang ada, ini (PPKM) level III," kata Bobby, Senin (20/9).

Menantu Presiden Joko Widodo itu mengaku masih menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terkait penentuan kategori pelaksanaan PPKM pencegahan Covid-19. Menurutnya, saat ini keterisian rumah sakit di Medan sudah menurun.


"BOR sudah di bawah 37 persen, ICU mendekati 30 persen, rawat inap di bawah 25 persen, kesembuhan meningkat dan dibarengi fatality rate sudah di bawah 2 persen, berarti tingkat kesembuhan kita sudah 98 persen," ujarnya.

Bobby mengatakan indikator lain yang semakin membaik yakni tingkat keterisian isolasi terpusat (isoter) yang terus menurun. Bobby meminta masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat meski kasus Covid-19 di Medan terus menurun.

"Mudah-mudahan bisa kita jaga dan kita stabilkan terus. Jangan karena sudah sehat semua kemudian eforia dan mengabaikan prokes," katanya.

Sebelumnya, pemerintah kembali memperpanjang PPKM berdasarkan level di luar Pulau Jawa-Bali hingga dua pekan ke depan mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Terdapat 10 kabupaten/kota yang masih melaksanakan PPKM Level 4. Daerah tersebut antara lain, Aceh Tamiang, Pidie, Aceh; Bangka, Bangka Belitung; Padang, Sumatera Barat; Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur; dan Tarakan, Bulungan, Kalimantan Utara.

Sementara 105 kabupaten/kota PPKM Level 3, 250 kabupaten/kota PPKM Level 2, serta 21 Kabupaten/kota PPKM Level 1.

(fnr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK