Menkes Klaim Vaksinasi Covid Capai 10 Juta Dosis per Minggu

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 01:01 WIB
Menkes Budi Gunadi menyebut vaksinasi Covid-19 sudah menjangkau lebih dari 35 persen penduduk Indonesia. Sekitar 75 juta orang mendapat suntikan dosis satu. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengklaim vaksinasi sudah mencapai 10 juta dosis per minggu. (Muchlis - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 10 juta dosis per minggu. Budi menyebut sejauh ini total sudah 125,7 juta dosis vaksin Covid-19 yang diberikan ke masyarakat.

"Dosis disuntikkan kira-kira sudah 10 juta suntikan per minggu. Jadi mudah-mudahan kalau kemarin kita butuh 7 minggu untuk 50 juta suntik, sekarang mungkin 5 minggu sudah 50 juta suntik," kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Senin (20/9).

Budi menyebut vaksinasi Covid-19 juga sudah menjangkau lebih dari 35 persen penduduk Indonesia. Dalam hal ini, 75 juta orang telah mendapat suntikan dosis satu dan 45 juta di antaranya mendapat dosis dua.


Menurut Budi, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar jajarannya mengejar capaian vaksinasi di atas 20 persen untuk beberapa provinsi yang mendapat perhatian khusus, seperti Sumatera Barat dan Lampung.

"Kami akan konsentrasi supaya cepat mencapai 20 persen dari target popuasi yang disuntikan dosis pertama," ujarnya.

Budi menargetkan 70 persen mendapat suntikan vaksin dosis satu di 34 provinsi. Sejauh ini, kata Baru, baru 7 provinsi mencapai dosis satu minimal 70 persen.

Sampai akhir pekan lalu, Indonesia sudah menerima 190 juta dosis vaksin. Sebanyak 169 juta dosis vaksin Covid-19 telah dikirim ke provinsi hingga kabupaten dan kota.

"Sebagian masih ada di gudang provinsi, masih ada di gudang kabupaten/kota, masih ada di gudang fasilitas kesehatan maupun di gudang distributor yang setiap saat bisa diminta oleh kepala dinas kabupaten/kota untuk mengirimkan barangnya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali. Klaim itu merujuk angka reproduksi Covid-19 yang berada di bawah angka 1.



Luhut menyebut angka reproduksi Covid-19 saat ini sebesar 0,98. Dengan begitu, setiap pasien Covid-19 belum tentu menularkan virus corona ke orang lain.

"Setiap satu kasus Covid-19 rata-rata menularkan 0,97 orang, jumlah kasus akan terus berkurang. Angka ini diartikan pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali," kata Luhut dalam jumpa pers, Senin (20/9).

Luhut menyampaikan perbaikan juga tercermin dari tambahan jumlah kasus per hari. Ia mencontohkan tambahan kasus pada Senin (20/9) yang tidak melebihi 2 ribu kasus.

(mjo/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK