Tokoh FPI Maman Suryadi Diklaim 'Cuma' Ikut Pegang Kerah Kace

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 17:41 WIB
Eks FPI Maman Suryadi diklaim hanya memegang kerah baju M. Kace dan tak membantu Irjen Napoleon Bonaparte menganiayanya. Eks Panglima LPI Maman Suryadi diklaim cuma memegang kerah M. Kace. (Foto: CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengacara eks anggota Front Pembela Islam (FPI) Maman Suryadi, Sugito Atmo Prawiro, membantah kliennya membantu Irjen Napoleon Bonaparte menganiaya tersangka penistaan agama Muhammad Kace di Rutan Bareskrim Polri.

Hal itu ia sampaikan usai berkomunikasi dan meminta penjelasan Maman terkait insiden itu pada hari ini, Selasa (21/9).

"Enggak melakukan kekerasan. Kalau kekerasan fisik pukul-memukul tidak tahu-menahu. Dia (Maman) cuma memegang kerahnya [Kace] aja waktu itu, terus ya udah keluar," kata Sugito saat menghubungi CNNIndonesia.com, Selasa (21/9).


Sugito mengklaim Maman tengah tertidur di selnya sebelum penganiayaan Kace. Eks Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) itu, kata dia, lantas dibangunkan dari tidurnya oleh sesama tahanan lain untuk menuju ke sel Kace yang saat itu tengah berceramah kepada para tahanan lainnya.

Di tengah ceramahnya itu, lanjut dia, Kace mengeluarkan pernyataan kontroversial yang membuat marah beberapa tahanan yang mendengarkan, tak terkecuali Maman.

"Maman dengar Kace bilang 'jangan percaya Muhammad dan bawa-bawa ayat'. Terus dengar [kalimat] itu dia dipegang kerahnya oleh Maman. Maman bilang 'jangan bawa-bawa ayat kalau enggak paham. Itu memprovokasi agama'," ujar Sugito, menirukan ucapan Maman.

Saat itu, ungkapnya, kondisi sel Kace sudah tak kondusif. Ada tahanan lain yang melempar kotoran ke arah badan Kace.

"Di situ tiba-tiba ada yang ngasih ke mukanya [Kace] sesuatu lah. Nah, Maman bilang bau. Khawatir najis, dia langsung keluar. Lalu dia sampaikan ke teman-teman lain enggak usah masuk lah. Enggak baik karena di situ banyak orang," kata dia.

Sugito menilai bahwa Maman tak terlibat dalam penganiayaan itu. Bahkan, Maman tak disebut diperiksa oleh polisi usai adanya dugaan penganiayaan tersebut.

"Dan Maman juga tidak diperiksa Bareskrim," kata dia.

Sebelumnya, Napoleon diduga melakukan penganiayaan terhadap Kace yang sedang menjalani masa isolasi di rutan Bareskrim Polri usai ditangkap karena kasus penghinaan agama. Polisi menyebut Maman ikut membantu Napoleon dalam insiden tersebut.

(rzr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK