Kejagung Klarifikasi, Jaksa Agung Bukan Lulusan UI atau Undip

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 08:12 WIB
Kejagung klarifikasi informasi bahwa Jaksa Agung ST Burhanuddin bukan lulusan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Diponegoro (Undip). Jaksa Agung ST Burhanuddin. (CNN Indonesia/ Michael Josua)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kejaksaan Agung (Kejagung) membantah latar belakang pendidikan Jaksa Agung ST Burhanuddin yang sempat diisukan berbeda dari data resmi yang dirilis oleh website Korps Adhyaksa tersebut.

"Terkait adanya beberapa data Bapak Jaksa Agung yang tersebar di media lainnya, kami pastikan bahwa data tersebut adalah salah," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9).

Ia menerangkan bahwa riwayat pendidikan Jaksa Agung tercatat secara resmi dalam dokumen dan data di Biro Kepegawaian Kejaksaan RI. Dalam akta itu, Jaksa Agung menjalani pendidikan di tiga universitas.


Pertama, pendidikan Strata 1 di Universitas 17 Agustus Semarang. Kemudian Strata II di Sekolah Tinggi Manajemen Labora di DKI Jakarta dan pendidikan terakhir Strata III Universitas Satyagama di DKI Jakarta.

"Dokumen dan data pendidikan pada butir 2 di atas adalah sama dengan yang dipergunakan pada acara pengukuhan sebagai Guru Besar Tidak Tetap dalam Bidang Ilmu Hukum Pidana di Universitas Jenderal Soedirman," jelas dia.

Dalam sejumlah foto yang beredar, disebutkan bahwa latar belakang pendidikan Burhanuddin di jenjang S1 hingga pascasarjana berbeda-beda merujuk sejumlah sumber.

Salah satunya pada buku pidato pengukuhan Burhanuddin sebagai profesor beberapa waktu lalu dan situs resmi milik Kejaksaan RI. Disebutkan bahwa pucuk pimpinan Korps Adhyaksa it merupakan lulusan sarjana hukum di Universitas Diponegoro dan lulus pada 1980.

Kemudian, kuliah pasca sarjana Burhanuddin disebutkan dalam Manajemen Universitas Indonesia (UI) pada 2001. Rujukan tersebut sempat beredar luas di pemberitaan media massa dan media sosial beberapa waktu terakhir.

(mjo/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK