Azis Syamsuddin Resmi Jadi Tersangka Suap DAK Lampung Tengah

CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 00:36 WIB
KPK resmi mengumumkan penetapan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sebagai tersangka kasus suap terkait pengurusan DAK Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017. Politikus Partai Golkar Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka suap. (Foto: CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin resmi dinyatakan sebagai tersangka kasus suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kegiatan dan pengumpulan telah menemukan bukti permulaan cukup sehingga kita tingkatkan ke tahap penyidikan. KPK menetapkan Saudara AZ, Wakil Ketua DPR RI, sebagai tersangka terkait dengan kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah," ujar ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9) dini hari.

Firli mengatakan Azis dijemput paksa penyidik KPK di kediamanya, di Jakarta Selatan, Jumat (24/9) malam. Ia langsung dibawa ke Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut. Azis dijemput lantaran mangkir dari panggilan penyidik.


Sebelumnya, KPK berulangkali enggan menegaskan soal status tersangka Azis dengan dalih "the sunset dan teh sunrise principles"

Meski demikian, dua sumber CNNIndonesia.com di KPK mengungkapkan bahwa politikus Partai Golkar itu sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) Lampung tengah sejak lama.

Sumber menyebut KPK melakukan ekspose atau gelar perkara kasus Azis pada 30 Agustus, atau berbarengan dengan putusan etik Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.

Beberapa hari kemudian, tim KPK menyerahkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik), yang biasanya sudah mencantumkan nama tersangka, yang kemudian sudah diterima oleh pihak Azis.

Dalam dakwaan kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (13/9), Jaksa menyebut Azis bersama dengan mantan Ketua PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado memberikan uang Rp3.099.887.000 dan US$36 ribu kepada terdakwa terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017.

(ryn/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK