Komnas HAM: KKB Papua Janji Pulangkan Nakes Gerald Sokoy

CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 19:18 WIB
Komnas HAM ungkap nasib nakes Gerald Sokoy yang hilang dalam kontak senjata antara TNI OPM Papua. Komnas HAM respons kasus penembakan CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok bersenjata di Papua menghubungi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait tenaga kesehatan (nakes) Gerald Sokoy yang hilang dalam kontak senjata antara TNI dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan kelompok bersenjata itu berjanji memulangkan Gerald. Ia menyebut proses pemulangan Gerald masih dalam tahap negosiasi.

"Saudara Gerald Sokoy yang dikontak oleh satu kelompok bersenjata di sana ke Komnas HAM ada di tangan mereka dan akan diserahkan," kata Taufan dalam video di kanal Youtube Humas Komnas HAM RI, Sabtu (25/9).


Taufan tak merinci rencana pemulangan Gerald. Ia juga tidak menjelaskan secara detail negosiasi yang telah berlangsung dengan kelompok tersebut.

Ia hanya menyampaikan Komnas HAM sedang memastikan keamanan dalam proses pemulangan Gerald. Komnas HAM ingin Gerald bisa kembali dalam keadaan selamat.

"Ada kepastian keselamatan dan keamanan saudara Gerald dan keselamatan tim Komnas yang akan menjadi mediator kasus Gerald Sokoy," ujarnya.

Sebelumnya, seorang tenaga kesehatan bernama Gerald Sokoy hilang dalam kontak senjata antara TNI-Polri dengan OPM di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9). Seorang nakes bernama Gabriella Meilan meninggal dunia dalam kejadian itu.

Merujuk laporan yang diberikan TNI-Polri, OPM atau yang disebut pemerintah sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merusak sejumlah fasilitas kesehatan. Mereka disebut menyerang sejumlah tenaga kesehatan di Kiwirok.

(dhf/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK