Nakes Gerald Sokoy Sempat Hilang di Papua Kini Dipulangkan

CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 00:06 WIB
Ka Ops Satgas Nemangkawi menerangkan posisi nakes Gerald Sokoy yang sempat hilang kini telah dipulangkan ke rumah orangtuanya di Sentani. Ilustrasi google yang kerap digunakan tenaga kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tenaga kesehatan (nakes) Gerald Sokoy yang sempat hilang dalam kontak senjata antara TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, beberapa hari lalu disebut sudah dipulangkan.

"Iya, sudah," kata Kepala Operasi Nemangkawi Brigjen Ramdani Hidayat melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (25/9).

Namun demikian, Ramdani belum memberikan detail kepulangan Gerald Sokoy apakah dipulangkan oleh KKB atau operasi penyelamatan dari Satgas. Dikonfirmasi terpisah, Dirkrimum Polda Papua Kombes Faisal Ramadhani menambahkan bahwa Gerald sudah dipulangkan dalam keadaan sehat dan saat ini sudah berada di kediamannya sendiri.


"Sekarang posisinya sudah ada di kediaman orang tuanya di Sentani," kata Faisal.

Faisal belum memberikan rincian kronologi kepulangan Gerald Sokoy. Namun ia menginformasikan bahwa Gerald dipulangkan dari Oksibil, kemudian dibawa ke Jayapura untuk diperiksa kesehatannya di RSUD.

Adapun sebelumnya, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengaku telah dihubungi salah satu anggota KKB untuk berjanji memulangkan Gerald.

Taufan sebelumnya tak merinci rencana pemulangan Gerald. Ia juga tidak menjelaskan secara detail negosiasi yang telah berlangsung dengan kelompok tersebut. Ia hanya menyampaikan Komnas HAM sedang memastikan keamanan dalam proses pemulangan Gerald. Komnas HAM ingin Gerald bisa kembali dalam keadaan selamat.

Hilangnya Gerald, menyusul dua nakes yang diketahui juga sempat hilang saat penyerangan KKB di Papua. Mereka akhirnya ditemukan di jurang pada Rabu (15/9) lalu. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mushtofa Kamal menyebut, nakes atas nama Kristina telah dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis, sementara nakes Gabriela Meilan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Imbasnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendesak pemerintah provinsi Papua agar menjamin keselamatan para nakes di wilayah Papua. IDI meminta agar pemerintah daerah berupaya menerjunkan aparat untuk menjaga stabilitas keamanan nakes dan masyarakat di Papua, sehingga mampu menciptakan rasa keamanan selama bertugas.

 

(khr/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK