Jokowi Ingin Karang Taruna Berkontribusi Terhadap Ekonomi

CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 20:50 WIB
Presiden Jokowi mengatakan organisasi karang taruna harus bisa melahirkan pemimpin berwatak sosial, termasuk berkontribusi terhadap ekonomi. Presiden Joko Widodo mengatakan organisasi karang taruna harus bisa melahirkan pemimpin berwatak sosial, termasuk berkontribusi terhadap ekonomi (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan organisasi karang taruna harus bisa melahirkan pemimpin yang berwatak sosial.

Para pemuda yang tergabung dalam organisasi karang taruna harus berkontribusi pada perubahan dan kontrol sosial di masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan sekaligus mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-61 untuk organisasi Karang Taruna, Minggu (26/9).


Menurut dia, karang taruna harus bisa berkontribusi dalam pergerakan ekonomi. Hal ini bisa dimulai dari desa dan kelurahan.

"Insyaallah dari karang taruna akan lahir banyak wirausahawan, enterpreneur, dan sosioplaner," ungkap Jokowi dalam acara Syukuran dan Doa Bersama Lintas Agama untuk Nusantara yang ditayangkan secara virtual.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan sebagai organisasi kepemudaan yang lahir dari, oleh dan untuk masyarakat, karang taruna memang memiliki peran sosial yang strategis. Organisasi ini telah menjadi perekat sosial dan penyambung solidaritas di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berharap karang taruna bisa secara gamblang menyatakan perang terhadap narkoba, terorisme, intoleransi dan ideologi radikal yang memang tidak sesuai dengan nilai-nilai bangsa.

"Teruskan berkarya dan berjiwa sosial demi Indonesia maju," terang dia.

(tst/bir)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK