Polisikan Haris Azhar, Luhut Singgung Anak dan Cucunya

CNN Indonesia
Senin, 27 Sep 2021 11:19 WIB
Menteri Luhut menyatakan dirinya juga punya hak asasi. Dia tak ingin anak dan cucunya kelak merasa bahwa kakeknya membuat kecurangan di tanah Papua. Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan siap membuka seluruh bukti di pengadilan terkait laporannya terhadap aktivis Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti.

Pembuktian ini, kata Luhut, untuk menegaskan bahwa dirinya memang tak memiliki bisnis tambang di Papua sebagaimana dituduhkan kepada dirinya.

"Jadi biarlah dibuktikan di pengadilan, nanti kalau saya salah ya dihukum, nanti kalau yang melaporkan itu salah dia yang dihukum. Kita kan sama di mata hukum," kata Luhut usai diperiksa di Polda Metro Jaya, Senin (27/9).


Luhut kembali menyinggung bahwa kebebasan itu tak bersifat absolut dan mesti dilakukan secara bertanggung jawab. Dia menambahkan setiap orang memiliki hak asasi manusia (HAM), termasuk dirinya.

"Jadi jangan mengatakan hak asasi yang ngomong saja, hak asasi yang diomongin juga kan ada. Jadi saya juga tidak ingin anak cucu saya merasa bahwa saya sebagai orang tua, kakeknya membuat kecurangan di Papua yang saya tidak pernah lakukan," tutur Luhut.

Luhut melaporkan Haris dan Fatia terkait dugaan pencemaran nama, fitnah, serta penyebaran berita bohong ke Polda Metro Jaya.

Laporan Luhut terdaftar nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021.

Selaku pelapor, Luhut telah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Senin (27/9). Dalam pemeriksaan selama kurang lebih satu jam itu, Luhut dimintai klarifikasi atas laporan yang ia buat.

(dis/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER